Batuk Tak Kunjung Reda? Coba Buat Racikan dari Rempah Segar Ini (2)

Christina Ambarrita - detikFood Selasa, 26 Jan 2016 10:00 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Meskipun reaksinya lebih lambat, oabat alami tidak memiliki efek samping. Karenanya racikan rempah dan bahan alami baik untuk meredakan batuk.​

Batuk kering dan berdahak lebih mudah diredam dengan racikan aneka rempah, susu, dan air jeruk. Manfaatkan persediaan bahan dan rempah yang ada di rumah untuk racikan obat batuk yang enak.

Foto: Thinkstock

​5. ​Bawang merah
Batuk juga bisa diredakan dengan bawang merah. Irislah bawang merah dan hirup aromanya. Aroma bawang dapat membantu meredakan batuk. Anda juga bisa membuat racikan bawang merah panggang dipadu dengan teh dan madu.
 
​6.​Susu hangat dan madu
Susu hangat yang dicampur dengan madu dapat meredakan batuk kering dan menyembuhkan sakit perut yang disebabkan oleh batuk yang berkepanjangan. Untuk hasil terbaik, minumlah racikan ini sebelum tidur.

Foto: Thinkstock

​7.​Jus Wortel
Jus wortel mengandung vitamin dan nutrisi yang dapat meredakan gejala batuk. Caranya, cukup siapkan empat hingga lima batang wortel dan air secukupnya lalu buatlah segelas jus wortel. Agar rasanya lebih manis,
​t​ambahkan sesendok madu.
 
​8.​Anggur
Anggur memiliki senyawa yang berperan sebagai ekspetoran, yaitu pengusir dahak yang ada di dalam tenggorokan. Semakin cepat dahak menghilang, maka batuk pun ikut reda. Cukup konsumsi anggur segar atau buatlah menjadi segelas jus anggur untuk membuat racikan segar penghilang dahak.

Foto: Thinkstock

​9. ​Almond
​A​lmond memiliki beberapa macam kandungan nutrisi yang berperan aktif meredakan gejala batuk. Mula-mula, rendamlah lima hingga enam biji kacang almond dalam air selama 8-10 jam. Haluskan ​almond​ dan tambahkan satu sendok teh mentega. Konsumsilah tiga hingga empat kali sehari hingga batuk mereda.

(lus/odi)