5 Makanan Berlemak Ini Ternyata Berkhasiat untuk Kulit

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 22 Jan 2016 19:43 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Rahasia kulit cantik tidak selalu berasal dari luar tapi juga dari dalam. Kulit butuh nutrisi yang optimal untuk meremajakan dan tetap bersinar, termasuk lemak.

Bahan makanan yang mengandung lemak baik dapat membuat kulit bersinar. Sementara makanan yang mengandung lemak jahat bisa sebabkan kulit keriput dan terlihat tua.

Studi menunjukkan, lemak trans yang ditemukan dalam makanan olahan bisa akibatkan kerusakan oksidatif. Lemak jahat juga dapat memicu radikal bebas dan peradangan pada kulit.

"Lemak sehat mengandung asam lemak dan anti inflamasi," tutur Jonny Bowden, PhD, CNS. Menurutnya lemak baik ini juga membuat kulit lebih lembab. Asam lemak esensial dan non esensial memainkan peran dalam fungsi kulit. Berikut ini beberapa bahan makanan penutrisi kulit yang dilansir dalam Rodalewellness (20/01).

1. Alpukat



Buah ini kaya akan lemak jenuh tunggal dan juga karotenoid. Zat ini merupakan antioksidan yang membantu meremajakan kulit. Studi menemukan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin dalam bantu lindungi kulit dari kerusakan ultraviolet (UV) dan radiasi. Selain itu, buah yang lembut ini juga kaya akan serat dan kalium. Anda bisa menyantapnya dengan salad atau menikmatinya langsung.

2. Minyak zaitun
Salah satu studi menunjukkan, minyak zaitun dapat mengurangi risiko penuaan kulit dini yang dipicu oleh paparan radiasi sinar UV. Untuk meningkatkan kesehatan, Anda dapat menambahkan minyak zaitun pada sayuran untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dan menambah asupan lemak tak jenuh tunggal untuk tubuh.

3. Minyak kelapa



Minyak kelapa dapat mengobati infeksi kulit. Kelapa juga dapat membantu cegah kulit kering, bakteri, jamur dan virus. Selain itu, minyak kelapa juga disebut-sebut dapat meringankan atopic dermatitis (AD) dengan cara mengoleskan minyak kelapa langsung ke kulit.

4. Salmon
Omega-3 fatty acid eicosapentaenoic acid (EPA) pada ikan dan minyak ikan bisa bantu cegah penuaan kulit. Minyak ikan dapat mengurangi peradangan yang dipicu dari radiasi sinar UV serta psoriasis.

5. Flaxseed



Studi menunjukkan, asam omega 3 alpha-linolenic yang masuk ke dalam tubuh dapat berubah menjadi asam lemak rantai panjang. Hal ini menunjukkan bahwa lemak jenis ini dapat membantu atasi masalah kulit seperti dermatitis atopik, psoriasis, kanker kulit hingga melanoma. Tambahkan beberapa sendok the flaxseed yang mengandung lemak dan serat untuk menambah protein dan sehatkan kulit.‚Äč



(tan/odi)