Saat Perut Kembung Hindari Konsumsi Apel dan Permen Karet (1)

Christina Ambarrita - detikFood Selasa, 19 Jan 2016 18:13 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Perut kembung dan begah membuat tubuh tak nyaman. Penyebab yang utama bisa dari beragam makanan pemicu gas.

Seperti dikutip dari PopSugar (17/1), selain kondisi tubuh yang tidak sehat, kembung bisa dipicu karena konsumsi makanan yang memicu gas dalam lambung. Seperti makanan berikut ini.

 
1. Produk olahan susu



Alergi laktosa bisa terjadi pada siapa saja. Baik alergi yang ringan sampai yang berat. Gejalanya ditandai dengan perut kembung. Jika Anda mengalami hal ini, mulailah batasi konsumsi susu, keju, yogurt, dan es krim. Pilihlah susu khusus yang bebas laktosa, atau boleh juga konsumsi pil lactaid untuk membantu tubuh mengolah makanan yang mengandung susu.

2. Apel dan Pir



Buah-buahan ini mengandung serat dan dikenal sebagai sumber serat yang mudah larut. Namun serat juga menjadi penyebab perut sensitif. Cukup konsumsi seperempat atau setengah bagian buah-buahan ini tak masalah dan tak akan menimbulkan masalah pencernaan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung polisakarida, yaitu sejenis gula yang tidak dicerna oleh tubuh. Saat gula ini mencapai usus besar, makanan tersebut diolah bakteri yang menyebabkan timbulnya gas. Jangan khawatir, kacang-kacangan tetap baik untuk dikonsumsi. Ada baiknya saat mengonsumsi dipadukan dengan biji-bijian seperti gandum, nasi, dan quinoa agar mendapatkan manfaatnya.

4. Brokoli, kubis, dan asparagus.



Ketiganya merupakan sayuran dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Namun sayangnya banyak yang takbsuka karena menimbulkan bau badan setelah mengonsumsinya. Hal ini terjadi karena senyawa rafinosa di dalamnya.

Sayuran yang tercerna akan berjalan mencapai usus besar, lalu difermentasi oleh bakteri penghasil metana. Hal ini yang memicu produksi gas dalam perut. Sebaiknya konsumsi sayuran ini dicampur dengan makanan lainnya untuk mencegah perut kembung.

 

(tan/odi)