Konsumsi Air Jeruk Lemon Dapat Kencangkan Kulit dan Cegah Bau Mulut

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 13 Jan 2016 18:57 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Memiliki rasa yang asam, buah berwarna kuning ini kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan antioksidan yang tinggi juga bermanfaat untuk tingkatkan kesehatan mulai dari kulit hingga gigi.

Mengonsumsi air​ jeruk​ lemon dengan segelas air hangat dipercaya dapat membantu tingkatkan kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang dihasilkan oleh lemon untuk sehatkan kulit hingga tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Tingkatkan tekstur kulit
Kandungan antioksidan yang tinggi ​dalam ​lemon ​mampu ​melindungi kulit dari kerusakan akibat ​paparan ​sinar matahari dan polusi​. Jugs ​mencegah dan mengurangi keriput hingga memelihara kulit​ tetap​ sehat. Lemon ​kaya akan​ vitamin C yang berperan penting dalam memproduksi kolagen sehingga kulit ​tetap kencang​.



2. Cegah bau mulut
Lemon sering digunakan dalam perawatan gigi. Lemon dapat membantu ​ mengurangi​ bau tak sedap pada mulut. Untuk membuat obat kumur sendiri, campurkan satu sendok teh jus lemon segar dalam segela air hangat ​aagr nafas​ lebih segar.

3. Turunkan berat badan
Jus lemon mengandung serat larut serta pektin yang dapat membantu turunkan berat badan. Konsumsi air jeruk lemon di pagi hari dapat membantu percepat metabolisme.



4. Tingkatkan asupan kalium
Tak hanya pisang yang mengandung kalium. Akan tetapi satu buah lemon mengandung sekitar 80 mg kalium yang membantu untuk mengirim lebih banyak oksigen ke otak dan menjaga tulang tetap kuat dan sehat. ​Tambahkan air jeruk lemon ​dalam teh hangat di pagi hari.

5. Ringankan luka bakar
Lemon adalah zat pendingin yang dapat berguna dalam mengobati luka bakar. Lemon memiliki sifat anti-inflamasi dan anestesi yang membantu mengurangi sensasi terbakar pada kulit serta meredakan gigitan serangga. Jus lemon dapat digunakan untuk memudar bekas luka bakar tapi pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.



6. Kontrol tekanan darah
Karena mengandung kalium, lemon juga baik untuk kesehatan jantung. Orang yang ​punya​ masalah jantung dan tekanan darah tinggi dapat mengonsumsi air lemon. Lemon dapat membantu meringankan pusing dan juga mual. Lemon tidak bisa dijadikan sebagai obat, akan tetapi segelas air lemon hangat sehari dapat membantu tingkatkan energi, cegah kecemasan dan depresi serta membantu seimbangkan pH tubuh.

7. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Lemon dapat membantu mencegah pilek dan flu. Lemon juga kaya akan vitamin C yang membantu sistem kekebalan tubuh selama musim dingin. Anda dapat menggabungkan lemon dengan banyak buah dan sayuran agar hasilnya lebih optimal.

(lus/odi)