Detoks Jus Alami dan Aman

Mau Membeli Paket Detoks? Perhatikan 6 Hal Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Jan 2016 13:21 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kini banyak beragam paket diet detoks untuk turunkan berat badan hingga kecantikan. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli paket detoks.

Paket detoks jus biasanya dijual dalam bentuk botol. Terdiri paket yang bisa dikonsumsi beberapa hari dan harga yang ditawarkan cukup mahal yaitu sekitar ratusan ribu hingga jutaan ribu rupiah. Agar tak sia-sia mengeluarkan uang, berikut ini beberapa tips untuk Anda sebelum membeli paket detoks dengan jus.

1. Kebutuhan
Detoks tidak hanya dilakukan untuk penurunan berat badan. Beberapa orang dengan penyakit tertentu juga perlu melakukan detoks. Jika Anda memiliki tujuan untuk membersihkan tubuh dari toksin Anda dapat memilih detoks dengan hanya konsumsi jus yang diracik dengan sayur atau buah Akan tetapi menurut Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS selaku Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia menjelaskan jika detoks dilakukan untuk terapi kesehatan sebaiknya perlu dibawah pengawasan ahli medis.

Foto: Thinkstock

2. Jangka waktu
Setiap paket detoks memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Ada yang menjual untuk 1 hari, 3 hari, 5 hari hingga 7 hari berturut-turut. Padahal menurut ahli gizi Rita Ramayulis DCN, M.Kes, detoks jus hanya boleh maksimal dilakukan selama 2 hari. Sedangkan Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS detoks paling tidak dilakukan setahun sekali untuk menghilangkan racun (radikal bebas) dari sisa metabolisme.

3. Informasi nilai gizi
Walaupun terbuat dari campuran sayur dan buah. Seringkali beberapa jus yang dijual memiliki rasa manis. Agar lebih aman, sebaiknya pilih paket detoks yang dilengkapi dengan label informasi gizi sehingga Anda bisa mengetahui berapa total kalori yang masuk ke tubuh Anda serta berapa gram serat dan gulanya.

Foto: Thinkstock

4. Cari informasi
Informasi dari beberapa pengguna diet detoks bisa Anda lakukan. Anda bisa bertanya kepada teman ataupun kerabat yang pernah mencoba diet paket detoks jus. Sehingga Anda bisa menemukan paket ataupun penjual jus detoks yang tepat dan terpercaya.

Foto: Thinkstock

5. Jangan termakan tren
Beberapa tren diet banyak bermunculan di social media. Akan tetapi Anda jangan terlalu percaya. Kenali dan cari informasi. Karena jika Anda mengikuti detoks selama berhari-hari, bisa saja bahan detoks tersebut tidak cocok di badan kita.

Foto: Thinkstock

6. Konsultasikan pada ahli gizi
Jika Anda ragu, sebaiknya konsultasikan hal ini pada ahli gizi atau praktisi kesehatan. Karena demi mendapatkan tubuh langsing banyak orang yang akan melakukan apapun dan mudah sekali terbuai dengan iklan.

(lus/odi)