Detoks Jus Alami dan Aman

Yuk, Racik Sendiri 5 Jus Detoks dari Sayur dan Buah!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Jan 2016 09:23 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Detoks perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat. Jika ingin lebih hemat dan sehat, racik sendiri jus buah dan sayur untuk detoks.

Detoks dengan hanya mengonsumsi buah dan sayur bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ini ada beberapa resep juice fasting untuk detoks jus yang dikutip dari Diet Detoks yang ditulis oleh Andang W. Gunawan, ND, konsultan kesehatan alami yang pernah menempuh pendidikan di luar negeri seperti QINS Institute of Natural Science di Queensland, Australia.

1. Jus Pir Nanas
Siapkan 1 buah pir kuning, 100 gram nanas, 1/2 sdt jahe parut (ambil airnya) dan 10 lembar daun mint. Potong semua bahan kemudian masukkan ke dalam juicer atau blender dan sajikan dalam gelas.

Foto: Ilustrasi Thinkstock

2. Jus Hijau Brokoli Apel
100 gram brokoli, rendam 10 detik dalam air panas, 1 buah apel Malang / Granny Smith, 2 batang seledri besar, 3 sdm air jeruk nipis atau ½ buah jeruk lemon dan 100 ml air mineral dingin.

Masukkan brokoli, apel dan seledri dalam juicer. Kemudian taruh dalam gelas dan tambahkan dengan air jeruk serta air mineral, aduk rata. Dan minum segera.

3. Jus Bit Apel Jahe
Siapkan 100 gram bit merah, 100 gram apel fiji, 50 gram wortel dan 400 ml air jeruk peras. Proses bit, apel, wortel dalam juicer atau juice extractor. Tuangkan ke dalam gelas ukuran. Tambahkan air jeruk peras, aduk rata dan masukkan ke dalam gelas saji dan minum segera.

Foto: Ilustrasi Thinkstock

4. Sangria Semangka Kuning
Selain jus, Anda juga dapat meracik buah-buahan menjadi sangria non alkohol. Cukup siapkan 50 gram pepaya Bangkok, 50 gram daging buah nanas organik, 50 ml air jeruk peras dan ½ sdt kayu manis bubuk. Campurkan semua bahan dan blender hingga lembut. Tuangkan ke dalam gelas saji.

Foto: Ilustrasi Thinkstock

5. Shake Coco Cinamon
Selain buah, Anda bisa mendetoks tubuh dengan campuran kelapa dan air kelapa. Untuk membuatnya, siapkan 250 gram buah kelapa muda, ½ sdt kayu manis bubuk dan 100 ml air kelapa. Campur semua bahan dan blender hingga lembut. Tuangkan ke dalam gelas dan minum segera.

(lus/odi)