Detoks Jus Alami dan Aman

Kalau Mau Lakukan Detoks Sendiri, Ikuti Cara Sederhana Ini

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Sabtu, 09 Jan 2016 13:42 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mendetoks tubuh sebenarnya tak selalu k​onsumsi jus buah dan sayur saja. Jika ingin detoks tubuh secara sederhana, ​beberapa cara bisa dilakukan tiap hari.​

Kebanyakan orang yang mengikuti detoks dengan jus saja merasa tubuhnya jadi lemas dan tak bertenaga. Karenanya, orang-orang tersebut jadi sulit untuk beraktivitas seperti biasa. Dengan cara berikut ini, detoks jadi jauh lebih ringan dan masih terasa khasiat kesehatannya.


1. Serba organik



Foto: Thinkstock

Detoks dengan jus sayur atau buah saja dinilai sebagai diet yang tak seimbang oleh para ahli gizi karena setiap hari manusia harus mengonsumsi nutrisi lengkap. Jika ingin melakukan detoks mulai dari hal sederhana, cobalah untuk memilih bahan makanan yang serba organik.

Pastikan bahan tersebut juga terdiri dari lebih banyak sayuran dan buah dengan nutrisi seimbang. Jika ingin menggunakan daging, pastikan daging tersebut juga daging berkualitas baik atau dalam porsi sewajarnya.


2. Green smoothie

Foto: Thinkstock

Jika selama ini tak terbiasa mengonsumsi sayur dan buah, cobalah untuk menikmati smoothie buatan sendiri dengan campuran sayuran dan buah. Tak perlu gula tambahan, buah manis seperti jeruk dan pisang bisa sebagai pemanis alami.


3. Air lemon



Foto: Thinkstock

Air lemon akhir-akhir ini jadi bahan perbincangan karena kandungan nutrisinya. Banyak yang menyarankan meminum air lemon sesaat setelah bangun tidur. Padahal, tidak semua cocok mengonsumsi air jeruk ini​.

Di dalam air lemon, ada kandungan vitamin C, potassium, dan serat yang melimpah. Ada baiknya untuk meminum air lemon minimal sekali dalam sehari beberapa saat setelah makan. Cairan ini bisa membersihkan tubuh dari toksin​.​


4. Probiotik



Foto: Thinkstock

Lactobacillus acidophilus adalah bakteria yang baik untuk perut dan menghilangkan toksin. Konsumsilah plain yogurt atau yogurt tawar dengan campuran buah segar, atau bisa juga diblender sehingga menjadi smoothie. Cara ini mudah dilakukan untuk melancarkan pencernaan dan kesehatan perut. Dan yang paling penting, konsumsi juga makanan lain yang mengandung protein, karbohidrat, dan kalori untuk gizi yang seimbang.


5. Rempah-rempah



Foto: Thinkstock

Beberapa orang mungkin tak suka akan rasa rempah yang umumnya pahit. Namun, rempah seperti jahe, kayumanis, cabai, kunyit, dan jintan adalah bahan makanan yang bisa juga membersihkan racun​ di dalam tubuh. Apalagi, rempah juga mempunyai khasiat alami yang dapat memb​eri rasa ​kenyang!




(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com