Alat Ini Mampu Deteksi Kandungan Gluten Makanan Dalam Waktu 2 Menit

Christina Ambarrita - detikFood Sabtu, 09 Jan 2016 11:28 WIB
Foto: nimasensor.com Foto: nimasensor.com
Jakarta - Karena alasan kesehatan kini makanan bebas gluten banyak dikonsumsi. Agar lebih aman, alat ini mampu memberikan info tentang kandungan gluten dalam 2 menit.

Selama ini orang kesulitan mengidentifikasi seberapa banyak kandungan glutein dalam makanan yang dikonsumsinya. Padahal hal ini perlu terutama untuk mereka yang alergi gluten.​

​Dilansir oleh Techcrunch (6/1) s​ebuah alat pendeteksi ​gluten​, bernama Nima diperkenalkan sebagai solusi atas masalah tersebut​.​ Biasanya orang yang menderita alergi gluten akan sangat teliti mengidentifikasi makanan. Karenanya alat ini didesain khusus untuk mereka.



Nima hanya memerlukan ​2​ menit untuk mengidentifikasi kandungan gluten dalam makanan. Cara kerjanya seperti menggunakan alat uji antibodi dan hasilnya pun akan sama dengan hasil yang​ dilakukan oleh laboratorium.​

Alat ini terdiri dari disposable-pod yang berfungsi menghancurkan sampel makanan. Satu buah disposable-pod dijual seharga US$3.99 atau sekitar Rp 55.800. S​edangkan peralatan utamanya dijual seharga $249 atau sekitar Rp 3.486.000. Pod Nima akan dijual dalam kemasan ​satu paket​.

​Cara kerjanya sederhana. Sedikit sampel makanan yang akan dimakan diambil dan dimasukkan ke dalam pod yang berbentuk tabung kecil kemudian ditutup rapat. Tabung ini dimasukkan ke dalam alat berbentuk segitiga dan tinggal tekan tombol. Dalam waktu 2 menit akan terpampang hasilnya. Jika tak ada kandungan gluten akan terlihat ikon senyum pada alat ini.​



Pod tersebut juga nantinya dapat dikonfigurasikan untuk tes alergi lainnya seperti alergi obat atau alergi patogen. Sedangkan untuk pod khusus kacang dan susu tengah dalam pengembangan.

Setelah Nima menentukan hasil tes, data tersebut akan diunggah ke database perusahaan​ yang nantinya bisa di​tambahkan ke ​aplikasi seperti Yelp ataupun Foursquare.

Teknologi sensor pada peralatan ini berbasis 6SensorLabs yang tidak perlu persetujuan FDA. Hal ini karena Nima hanya mengetes kadar gluten dan tidak mengeluarkan klaim apapun yang berdampak mengenai kesehatan seseorang.




(tan/odi)