Makan Satu Buah Pir Sehari Dapat Jaga Tubuh Tetap Ramping

Lucia Essy Heriana - detikFood Kamis, 10 Des 2015 14:41 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Para peneliti telah lama menemukan bahwa mengonsumsi sebutir apel sehari dapat menjauhkan penyakit. Kini mereka menemukan bahwa makan satu buah pir sehari dapat menjaga berat badan.

Studi baru menyatakan bahwa pir berhubungan dengan penurunan berat badan. Mengonsumsi satu buah pir ukuran sedang per hari akan mendapat manfaat kesehatan dalam asupan nutrisi.



Buah ini dapat Anda masukan dalam menu sehari-hari karena pir bebas lemak dan bebas sodium. Pir juga memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin C, magnesium, copper, dan potassium.

Orang yang biasanya makan buah 35% lebih kecil kemungkinannya menjadi gemuk. Satu buah pir ukuran sedang mengandung hampir 24% serat yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, pir hanya mengandung 100 kalori dan mengandung 190 mg potassium.

Dalam studinya, peneliti dari Louisiana State University meneliti data 2001 sampai 2010. Para peneliti menggunakan beberapa sampel untuk menganalisis hubungan dalam mengonsumsi pir segar dengan asupan gizi, kecukupan gizi, kualitas diet dan faktor risiko kardiovaskular pada orang dewasa.



Dr Carol O’Neil, dokter yang memimpin penelitian mengatakan bahwa hubungan antara pir dengan berat badan sangat menarik. “Kami melihat dalam penelitian ini, asupan serat dalam pir dapat mendorong berat badan menjadi turun,” ujarnya.

Menurut USDA Guidelines for Americans, orang yang mengonsumsi lebih banyak buah dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Namun, USA Pear Bureau mengatakan penelitian ini akan dilanjutkan dengan kolaborasi dengan peneliti untuk menunjukkan hubungan antara pir dan hasil kesehatan yang positif. Studi ini dipublikasikan dalam Nutrition anda Food Science.

(lus/odi)