Ikuti Aturan Porsi Tangan Ini untuk Konsumsi Makanan dengan Jumlah Ideal (1)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 24 Nov 2015 18:56 WIB
Foto: Daily Mail
Jakarta - Aturan porsi makan yang bervariasi kerap menyarankan jumlah berbeda dari konsumsi tiap makanan. Aturan porsi tangan ini mudah diingat dan menunjukkan jumlah cukup akurat.

Sian Porter dari British Dietetic Association menjelaskan banyak orang tidak tahu porsi makan yang sebaiknya diterapkan setiap hari. Namun dengan aturan porsi tangan ini jumlah konsumsi bahan makanan bisa ideal karena besaran tangan mengikuti jenis kelamin dan perkembangan usia seseorang. Jumlah konsumsi makanan orang dewasa, misalnya, akan lebih banyak mengingat bentuk tangan mereka yang lebih besar dari anak kecil.

1. Daging

Porsi daging sebaiknya tidak lebih dari seukuran telapak tangan (tidak termasuk jari) untuk tiap kali makan. Berat daging seukuran ini kira-kira 100 gram dengan ketebalan sekitar setumpukan kartu. “Protein perlu dicerna sepanjang hari karenanya tiap kali makan jumlahnya tidak perlu terlalu banyak,” ujar Sian Porter. Ia menyarankan konsumsi daging merah tidak boleh lebih dari 500 gram per minggu. “Beralihlah ke sumber protein lain seperti ikan dan kacang-kacangan.”

2. Ikan putih



Ikan putih adalah sumber protein rendah lemak yang sangat baik untuk kesahatan. Konsumsi ikan putih seperti cod, dory, dan gindara sebaiknya seukuran telapak tangan dalam keadaan datar (termasuk jari). Berat ikan seukuran ini sekitar 150 gram dengan 100 kalori. “Kandungan selenium pada ikan putih dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh,” papar Porter.

3. Bayam



Sayuran hijau sebaiknya hadir dalam setiap santapan harian. Untuk bayam gunakan ukuran dua telapak tangan penuh. Pastikan bayam mentah-lah yang diukur, bukan bayam setelah direbus. Begitu juga dengan sayuran hijau lain seperti selada. Berat sayuran seukuran 80 gram ini dapat dihitung 1 dari 5 porsi buah dan sayur yang dianjurkan untuk konsumsi setiap hari (5 A Day).

4. Buah berukuran kecil



Buah kecil seperti berries dapat dikonsumsi sebanyak dua tangkup telapak tangan dengan posisi agak cekung. Sama seperti sayuran hijau, berat sajian ini sekitar 80 gram dan memenuhi 1 dari 5 porsi buah dan sayur yang dianjurkan untuk konsumsi setiap hari (5 A Day).




(tan/odi)