8 Jenis Buah Ini Cocok Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 04 Nov 2015 16:22 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - ​Menu yang cocok untuk penderita diabetes ​adalah menu yang ​rendah gula dan tinggi serat. Seperti ​buah-buahan segar. ​P​ilihlah buah yang rendah indeks glikemiks sehingga aman untuk dikonsumsi.

Ada 5 kunci utama yang harus dilakukan oleh penderita diabetes. Diet sehat DM (​3​J: jenis, jumlah dan jam), olahraga teratur, hindari stress, cek kadar gula darah teratur dan hindari luka.

Pengurangan kadar gula wajib dilakukan penderita diabetes, sehingga hal ini dapat membuat penderita diabetes ingin ngemil. Agar gula darah tetap terkontrol, beberapa jenis buah ini bisa jadi pilihan Anda.

5. Apel



Selain dapat membantu turunkan berat badan, buah apel juga direkomendasikan untuk penderita diabetes. Buah ini mengandung vitamin C, serat larut dan juga antioksidan. Apel mengandung pektin yang membantu hilangkan racun dari tubuh dan mengurangi kebutuhan insulin sekitar 35 persen. Konsumsi satu buah apel sehari dapat membantu kadar gula darah tetap terkontrol.

6. Pir
Pir memiliki 84 persen kadar air. Buah ini juga mengandung serat dan vitamin yang dapat menjaga kadar gula darah di bawah kontrol. Pir dianggap sebagai buah yang terbaik untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Jika ingin menikmati makanan manis dan segar, buah pir bisa jadi pilihan.

7. Kiwi



Kiwi menjadi salah satu buah yang baik untuk penderita diabetes. Buah ini mengandung banyak betakaroten, flavonoid, vitamin A, C dan E serta potasium. Selain itu, kiwi juga rendah karbohidrat dan kaya serat sehingga dapat membantu kurangi kadar kolesterol serta stabilkan kadar gula darah.

8. Grape fruit
Grape fruit mengandung kadar air sekitar 91 persen. Buah yang mirip jeruk ini mengandung sekitar 91 persen air. Grape fruit mengandung flavonoid yang dapat tingkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin.



(tan/odi)