Gara-gara 5 Kesalahan Ini Berat Badan Tak Kunjung Turun

- detikFood Sabtu, 24 Okt 2015 11:47 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat berdiet Anda sudah ​menjalani pola makan sesuai aturan​​ dan berolahraga. ​Tapi mengapa berat bad​an tak kunjung turun? Ada 5 hal umum yang bisa jadi penyebabnya. ​

Berat badan mustahil rasanya turun secara drastis hanya dalam waktu beberapa hari​. Menurut situs​ Health (10/09) ​ada ​beberapa aktivitas yang menurut Anda sudah benar tapi justru ​membuat​ program diet ​jadi​ kurang efektif.

1. Menghitung jumlah kalori



Jika Anda terlalu pusing memikirkan jumlah kalori dari tiap jenis makanan, justru tidak akan membuat diet Anda maksimal. Studi di JAMA pada tahun 2012 menemukan bahwa orang yang melakukan diet rendah karbo dan rendah glikemik lebih banyak membakar kalori dibanding orang yang diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat​.

David Ludwig, dire​ktur​ The New Balance Foundation Obesity Prevention Center rumah sakit anak di Boston menyebutkan bahwa makanan yang tinggi karbohidrat memperlambat metabolisme dibanding diet tinggi lemak dan protein.

Sebaiknya, fokus pada jenis makanan yang ​ber​serat tinggi dan hindari makanan tinggi lemak jahat. Studi 2015 yang ditulis dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition merekomendasikan sebaiknya ​konsumsi​ buah, sayur, yogurt, ayam tanpa kulit dan kacang-kacangan.

2. Makan dalam porsi kecil



Anda sering mendengar makan dalam jumlah kecil ​tetapi​ sering akan membantu menurunkan berat badan dengan mengontrol nafsu makan. Tubuh membutuhkan setidaknya 1.200 kalori per hari, jika dibagi menjadi enam kali makanan dapat membuat perut menjadi seperti sebuah mesin yang tidak akan berhenti bekerja.
Dalam kebanyakan kasus, orang berakhir makan berlebihan sebab pada saat makan sebelumnya perut tidak benar-benar terisi penuh.

Sebaiknya, makan tiga kali sehari dengan jumlah cukup dan terdiri dari karbohidrat, protein dan sayuran. Sebuah studi di Obesitas 2013 menemukan bahwa orang yang sarapan dalam jumlah cukup tidak akan mengalami kenaikan porsi makan pada makan siang. Begitu juga dengan makan malamnya.

3. Makan menu yang sama

Diet dengan menu makanan yang sama selain membuat Anda menjadi bosan​. ​​Asupan​ nutrisinya itu-itu saja, tidak ada perubahan dan variasi nutrisi yang masuk ke​ ​dalam tubuh. Tubuh membutuhkan serat dan nutrisi yang cukup dari berbagai sumber, jika Anda hanya mengonsumsi makanan yang sama, maka nutrisi yang masuk ke​ ​dalam tubuh Anda juga akan hanya itu-itu saja.

Sebaiknya, minimal 3 hari sekali mengganti menu diet agar asupan nutrisi yang tub​u​h Anda butuhkan tercukupi dan bervariasi.

4. Menimbang berat badan setiap hari

Keuntungan menimbang berat badan yaitu untuk mengetahui jumlah berat badan, dan membuat Anda semakin terpacu menjalani diet. Namun jika Anda terlalu sering menimbang berat badan, misalnya setiap hari, ini justru akan membuat Anda semakin frustasi.

Berat badan tidak akan turun drastis hanya dalam satu hari​. Karena​ itu sebaiknya menimbang berat badan idealnya dilakukan seminggu sekali. Jika Anda benar-benar penasaran dengan perubahan berat badan Anda, cobalah untuk menimbang 4 hari sekali.

5. Berolahraga hanya untuk menurunkan berat badan



Melakukan olahraga secara teratur memang dapat menurunkan berat badan, namun jika Anda menghentikan program olahraga saat sudah mencapai berat badan yang ideal justru salah. Saat Anda memutuskan untuk berhenti berolah raga tubuh secara alami akan mengalami perubahan, dan ini justru akan membuat berat badan Anda meningkat bahkan bisa dua kali lipat dari sebelumnya.

Sebaiknya, terus berolah raga meski sudah mendapatkan berat badan yang ideal. Olah raga ringan namun teratur akan membantu menjaga tubuh ideal dan mencegah kenaikan berat badan.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com