Badan Nyeri dan Sakit? Atasi dengan Konsumsi Jahe dan Bawang Putih

- detikFood Selasa, 20 Okt 2015 09:31 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat kepala atau tubuh terasa sakit dan nyeri, jangan keburu minum obat. Coba atasi denga konsumsi jahe, bawang putih atau oats. Makanan alami ini bisa obati nyeri dan sakit.​

Agar lebih aman, gunakan makanan dan rempah yang ada ​di rumah ​untuk mengobati sakit ringan. Seperti dikutip dari The Times of India (16/10) beberapa makanan ini bisa menjadi obat penghilang rasa sakit dan nyeri dalam ​tingkat​ ringan.



1. Jahe
Jahe memiliki rasa sedikit pedas karena terdapat senyawa zingeron, yang dapat memberi efek hangat pada tubuh. Mengonsumsi jahe secara teratur dalam jumlah yang tepat dapat mencegah timbulnya penyakit pada tubuh seperti pegal-pegal, masuk angin, pembengkakan hingga stroke.

Beberapa manfaat jahe lainnya yaitu dapat mencegah perut kembung, migraine, demam, batuk, jerawat hingga melancarkan siklus menstruasi.



2. Cengkeh
Rempah yang banyak tumbuh di asia tenggara khususnya di Indonesia ini selain menjadi bumbu dalam masakan juga dapat menjadi obat. Cengkeh banyak digunakan sebagai bahan pembuat pasta gigi karena terbukti dapat mencegah dan mengobati gangguan pada gigi. Selain itu,cengkeh juga dapat mengatasi bau mulut, demam​ ​berdarah hingga mual saat hamil.

3. Anggur
Rajin mengonsumsi buah anggur setiap hari dalam jumlah cukup dapat mengurangi rasa sakit pada tulang belakang, biasanya terjadi karena aliran darah yang tidak lancar.

Selain itu anggur juga dapat mengobtai sembelit, meringankan migraine, mencegah rambut rontok, menghilangkan jerawat hingga kanker payudara.



4. Bawang Putih
Rempah yang hampir selalu ada dalam masakan ini juga memiliki manfaat yang dapat menjadi obat pereda sakit dan nyeri. Sejak dahulu bawang putih telah terbukti dan digunakan sebagai rempah untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Melancarkan peredaran darah, mencegah diabetes, menurunkan berat badan, obat jerawat, mengeluarkan racun dalam tubuh, mengobati flu hingga penyakit kulit.

5. Cherry
Cherry merupakan buah-buahan yang menjadi sumber antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat menangkal masuknya radikal bebas penyebab timbulnya penyakit. Mengonsumsi buah cherry setelah berolah raga dapat membantu mengobati cidera otot dan meregangkan otot yang kaku.

Selain itu, cherry juga menjadi obat anti peradangan, melawan kanker, mencegah penuaan dini dan menenangkan syaraf.



6. Oats
Oats mengandung mineral magnesium dan seng yang cukup tinggi seperti gandum​. Karenanya​ mengonsumsi oat dianjurkan bagi wanita yang sedang mengalami masa menstruasi atau ​usai ​melahirkan.

Kandungan magnesium dan seng pada oats dapat mengurangi kram menstruasi yang sangat menyakitkan dan menjaga kondisi endometriosis agar tetap sehat.

(lus/odi)
Load Komentar ...