Dibanding Gula, 9 Pemanis Alami Ini Bisa Bikin Kopi Lebih Sehat (1)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 11 Okt 2015 12:36 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Minum 3 cangkir kopi hitam per hari dapat menyehatkan tubuh asal tidak ditambahkan gula. Sebaiknya ganti ​dengan​ pemanis alami seperti agave dan madu.

The Daily Meal (11/10) merangkum alternatif sehat dan alami pengganti gula yang dapat ditambahkan dalam secangkir kopi. Pemanis ini juga dapat memberi citarasa unik dalam kopi.

 
1. Agave

Pemanis yang dihasilkan dari tumbuhan agave ini mungkin lebih tinggi fruktosa dan kalori dibanding gula. Namun indeks glikemik agave yang rendah menjadikannya salah satu alternatif sehat pengganti gula. Mengganti gula dengan agave juga berarti mengurangi konsumsi kalori karena untuk mendapat rasa manis yang sama dengan gula, seseorang hanya perlu agave dalam jumlah lebih sedikit.

2. Susu almond


Selain jadi alternatif susu sapi, susu almond juga dapat ditambahkan dalam kopi. Kandungan kalsiumnya dikabarkan lebih tinggi dibanding susu sapi biasa. Jenis susu almond tanpa pemanis juga rendah kalori karena hanya mengandung 30 kalori per cangkir. Coba juga tambahkan susu kacang mete atau coconut milk dalam kopi untuk rasa kacang lebih kuat.

3. Kayu manis

Kayu manis adalah pilihan pemanis kopi paling rendah kalori. Percikan sedikit bubuk kayu manis dalam kopi untuk membuat rasa dan aroma kopi lebih enak.

4. Krimer buatan sendiri

Krimer kopi yang dijual di swalayan ternyata bisa dibuat sendiri di rumah. Selain lebih murah, tentu lebih sehat. Dibuat dari kurma dan susu almond yang diblender hingga halus. Krimer ini dapat bertahan selama 4 hari dalam kulkas.

5. Madu


Dilihat dari nilai kalori, madu memang lebih tinggi kalori dari gula. Namun madu mengandung antioksidan lebih banyak. Tetesan madu yang manis dan kopi hitam yang pekat berpadu pas menghasilkan cita rasa unik.



(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com