Agar Tetap Bugar Hindari Melakukan 5 Kesalahan Ini Setelah Berolahraga

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 29 Sep 2015 19:45 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Olahraga dilakukan agar tubuh bugar. Tapi, 5 kesalahan ini justru bisa membuat tubuh Anda letih dan makan lebih banyak.

Rutin berolahraga bisa bantu pembentukan otot dan membakar kalori. Setelah berolahraga tentu tubuh Anda merasa lapar dan juga haus. Agar latihan tak sia-sia, asupan makanan juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kesalahan ini Anda lakukan setelah olahraga.

1. Telat makan



Foto: Thinkstock

Banyak orang yang menunda makan setelah berolahraga. Padahal menurut Nancy Clark, RD selaku ahli gizi olahraga menyarankan, untuk makan dalam waktu 30 menit setelah berolahraga. Hal ini dilakukan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menangkal rasa lapar yang berlebih.

Selain itu, perhatikan juga kalorinya, jika Anda sarapan, makan siang atau makan malam sekitar 400-500 Kkal, sebaiknya camilan harus sekitar 200-300 Kkal. Dengan mencampurkan protein dan karbohidrat kompleks seperti yoghurt rendah lemak plus kacang dan buah menjadi camilan terbaik setelah berolahraga dan rasa lapar akan datang lebih lama.

2. Konsumsi minuman olahraga



Foto: Thinkstock

Jika Anda seorang atlet yang melakukan latihan intens, Anda perlu konsumsi minuman olahraga. Hal ini bertujuan untuk memberikan energi dalam bentuk gula dan juga elektrolit. Tapi sebaliknya, air atau H2O sangat penting untuk menghidrasi tubuh Anda setelah berolahraga. Karena jika Anda termasuk berolahraga dalam kategori ringan, maka tidak perlu banyak mengonsumsi minuman yang tinggi elektrolit. Karena kerja ginjal akan lebih keras dibandingkan Anda hanya minum air putih saja.

3. Konsumsi banyak protein

Protein merupakan nutrisi pemulihan besar yang membantu membangun kembali otot selama latihan. Menggabungkan asupan protein dengan karbohidrat kompleks. Biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran memberikan energi yang stabil pada sistem tubuh sedangkan protein melakukan pekerjaan untuk perbaikan otot. Jangan takut gemuk, Anda dapat mengonsumsi ayam dan beras merah, sereal, susu dan buah serta pasta dengan potongan daging ayam.

4. Minuman berkafein



Foto: Thinkstock
Minuman yang tinggi akan kandungan gula seperti soft drink, kopi hingga teh sebaiknya dihindari. Hal ini bisa jadi bomerang karena minuman manis mengandung kalori yang tinggi tapi justru membuat Anda sering merasa lapar. Dan setelah beberapa waktu kemudian, energi Anda akan cepat habis.

5. Smoothies
Smoothies dikenal baik untuk mengganti energi yang hilang pasca olahraga. Tapi, seringkali minuman ini tidak dibuat dengan komposisi yang seimbang. Justru, kebanyakan smoothies lebih banyak mengandung kalori. Agar lebih aman, sebaiknya jangan mengolah smoothies lebih dari 300 kalori. Anda dapat membuatnya dengan susu low fat, susu kedelai dengan tambahan buah-buahan segar.



(tan/odi)