Minum Air Bisa Atasi Sembelit dan Turunkan Berat Badan

- detikFood Selasa, 22 Sep 2015 14:43 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta -

Air ​tak sekdar menghilangkan dahaga. Cairan bening yang rasanya tawar ini bisa mencegah sembelit hingga menurunkan berat badan. ​

​Minum air bukan hanya kebutuhan untuk hidrasi tubuh. Tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh. ​​Dikutip dari timesofindia.com (21/09), ​​s​eorang ahli diet dan Wellness Consultant, Sheela Krishnaswamy ​menyebutkan​ 5 fakta tentang pengaruh air untuk kesehatan​.​

1.​ ​Memelihara ​fungsi organ tubuh​
Selain memuaskan dahaga,air juga merupakan bagian dari sel-sel tubuh. Serta membantu kita dalam berbagai hal seperti, membantu mengatur suhu tubuh, membuang produk limbah dari ginjal,membuat membran mukosa lembab, membantu pencernaan, melumasi sendi, menjaga kekentalan darah, dan melembabkan kulit.

2.Mencegah penyakit
Air bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti sembelit dan infeksi saluran kemih.Dengan rutin meminum air Anda dapat menjaga selaput lendir pada hidung,tenggorokan, mata dan lain-lain sehingga terhindar dari penyakit. Asupan air yang cukup juga dapat mencegah dehidrasi.

3. ​Air dalam sayuran​
Air yang dikombinasikan dengan sebuah larutan atau cairan​ ​bergizi ​yang ​dapat mempertahankan tingkat hidrasi dalam tubuh. Seperti, buttermilk, jus buah segar, air kelapa, susu plain dan sup bening. Selain itu asupan beberapa sayur dan buah yang memiliki kadar air tinggi juga dapat membantu meningkatkan hidrasi dalam tubuh​.​ ​S​eperti​ ​mentimun, labu abu, semangka, tomat dan seledri.

4.Menurunkan berat badan
Minum air dapat sedikit membantu menurunkan berat badan. Walaupun tidak memberikan kontribusi secara langsung, tetapi minum air dapat menekan nafsu makan.​ ​Air juga tidak memiliki kalori, sehingga baik untuk diet. Namun, harus tetap dibarengi oleh asupan makanan yang seimbang, aktivitas fisik, olahraga, dan sebagainya.

5.Meningkatkan metabolisme tubuh
Mengonsumsi air mineral dapat memberikan asupan air yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat mempengaruhi bagaimana tubuh kita menangani produksi energi dan penyimpanan lemak.​ ​Jika Anda meminum air secara rutin ketika musim panas, ini akan membantu menyeimbangkan suhu tubuh.

(lus/odi)