Popcorn Manis dan Asin di Bioskop Ternyata Tinggi Kandungan Gula dan Garam

- detikFood Kamis, 18 Jun 2015 18:22 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Menonton film di bioskop paling asyik dengan ngemil popcorn. Karena camilan ini terasa ringan, renyah dengan pilihan rasa asin dan karamel yang legit. Namun siapa sangka camilan enak ini banyak mengandung gula dan garam.

Popcorn disajikan dalam bioskop dengan 2 pilihan rasa, yaitu manis dan asin. Namun yang mengejutkan, para ahli mengatakan popcorn manis ternyata mengandung lebih dari 30 sendok teh gula dan popcorn asin mengandung lebih banyak garam dibanding dua Big Mac dan seporsi kentang goreng.


Seperti dilansir mirror.uk (18/06) Hasil studi oleh kelompok kesehatan CASH (Consensus Action on Salt Health) menemukan 1.214 kalori pada 225 gram popcorn. Ini berati melebihi setengah dari kebutuhan kalori wanita per hari. Popcorn asin dengan jumlah yang sama mengandung 5,1g garam sehingga hampir sama asinnya dengan air laut. Sedangkan 200 gr Toffee Popcorn memiliki 121g gula setara dengan 30,25 sendok teh gula atau lebih dari tiga kaleng Coke.

Hal ini jelas dapat menimbulkan beberapa penyakit jika dikonsumsi terus menerus. Apalagi dikonsumsi sambil menonton film yang cenderung membuat makan lebih banyak. Seperti yang sudah diketahui, garam dapat meningkatkan tekanan darah, yang bisa memicu stroke dan penyakit jantung.

Ditambah lagi kemasan pada popcorn yang mengandung zat kimia Perfluorooctanoic Acid (PFOA), yang dikhawatirkan dapat memicu serangan jantung dan stroke. Bahkan risiko ini kian diperparah oleh faktor-faktor lain seperti, merokok, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi dan kondisi medis lainnya.

Kawther Hashem, seroang ahli gizi menambahkan bahwa dengan penambahan gula dapat menyebabkan penyakit obesitas, diabetes tipe 2 dan kerusakan gigi yang merupakan masalah serius bagi banyak orang.


Salah satu langkah yang paling efektif untuk mengurangi jumlah orang yang menderita bahkan meninggal akibat penyakit ini ialah dengan mengurangi konsumsi garam dan gula. Namun, menurut saran ahli gizi, Sonia Pombo, popcorn yang tidak diberi rasa asin atau manis, masih bisa menjadi camilan untuk diet sehat karena mengandung biji-bijian, serat dan antioksidan. 



(msa/odi)