Makan Pisang dan Telur Saat Sarapan Efektif Turunkan Berat Badan

- detikFood Sabtu, 17 Jan 2015 07:57 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta -

Konsumsi sarapan tiap pagi bisa menjadi cara efektif menurunkan berat badan. Penelitian pun menunjukkan sarapan dapat menggerak k an metabolisme tubuh. Namun tak semua jenis sarapan baik untuk penurunan berat badan.

Beberapa pilihan menu sarapan justru dapat menggagalkan proses diet jika tak berhati-hati. Untuk itu perlu adanya aturan agar sarapan membantu diet Anda.

Hal utama yang perlu dilakukan adalah sarapan segera selepas bangun tidur. Penelitian menemukan bahwa konsumsi sarapan membantu menjaga gerak metabolisme. Jadi pastikan Anda makan dalam periode 30-60 menit dari bangun tidur. Ini dilakukan untuk mendapat keuntungan dari potensi pembakaran lemak optimal dalam tubuh.

Sarapan juga membuat Anda tidak begitu lapar menjalani aktivitas. Sebab bila lapar, bisa berujung memilih makanan buruk untuk makan siang atau malam.

Usahakan juga mengonsumsi banyak protein saat sarapan. Konsumsi sarapan tinggi protein seperti telur dapat menangkal rasa lapar. Protein juga membantu Anda makan lebih sedikit, sehingga berat badanpun lebih mudah turun.

Salah satu studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi telur saat sarapan dapat menurunkan berat badan dua kali lipat dibanding mereka yang memulai hari dengan bagel. Protein dalam telur mampu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar, dimana membantu konsumsi kalori lebih sedikit sepanjang hari.

Sarapan tinggi protein juga pilihan terbaik agar makin bertenaga saat beraktifitas. Sebab makanan ini lebih lama dicerna dibanding menu sarapan lain.

Tak hanya protein, sarapan juga perlu mengonsumsi makanan tinggi Resistant Starch (RS). Konsumsinya bisa membuat perut kenyang dan membantu membakar kalori lebih banyak. Ini dikarenakan tubuh akan memakai lemak untuk energi. Makanan mengandung RS dapat ditemukan dalam pisang dan oat.

Usahakan menjalani ketiga aturan ini saat sarapan agar berat badan pun lebih mudah turun. 

(msa/odi)