Sarapan Buah Segar Bisa Bantu Penurunan Berat Badan

- detikFood Selasa, 13 Jan 2015 06:04 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Menambah asupan buah untuk sarapan dan makan siang bisa membantu penurunan berat badan. Buah segar mengandung banyak air dan serat. Konsumsi buah dapat mengenyangkan dan kalorinya lebih sedikit.

Perut yang terasa lebih penuh setelah konsumsi buah membuat Anda pun tak banyak lagi mengonsumsi makanan lainnya. Selain itu, buah juga kaya akan kandungan gizi. Bagi penyuka makanan manis, buah bisa jadi pilihan sehat.

Sebaiknya konsumsilah buah segar tiap hari saat sarapan dan makan siang. Pilih buah segar atau buah beku untuk penurunan berat badan karena masih kaya gizi. Coba juga buah dengan kandungan serat tinggi. Seperti pir ukuran sedang yang mengandung 5.5 gr serat.

Hindari konsumsi jus buah yang tidak mengandung serat dan membuat perut tak kenyang. Begitu juga dengan buah kalengan tinggi gula dan buah kering. Untuk buah kering sebaiknya konsumsi kurang dari 2 sendok makan.

Disamping buah, konsumsilah makanan tinggi protein untuk santap pagi dan siang. American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan protein berkontribusi penting dalam menimbulkan rasa kenyang. Asupan protein menjadi kunci sukses dari program penurunan berat badan.

Selai kacang, susu rendah lemak, yogurt, telur, ikan, ayam dan daging merupakan makanan berprotein. Beberapa kacang dan biji-bijian juga bisa menjadi alternatif sumber protein. Untuk sarapan, misalnya, Anda bisa menikmati buah berry dan selai kacang. Sedangkan makan siang berupa salad dengan potongan buah, dada ayam ukuran kecil dan almond.

Padukan buah dan protein dengan karbohidrat berindeks glikemik rendah. Karbohidrat kompleks ini lebih lambat proses pencernaannya. Karenanya memberi rasa kenyang lebih lama. Konsumsi oatmeal, muesli, roti gandum atau sereal kaya bran untuk sarapan. Sedangkan beras merah, beras cokelat dan quinoa bisa jadi pilihan santap siang.




(msa/odi)