Tayangan Iklan Rentan Membuat Anak-anak Alami Obesitas

- detikFood Kamis, 13 Nov 2014 06:33 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Anak usia dini rentan terhadap pesan dari iklan yang beredar di TV. Para ahli di Irlandia memperingatkan jika lebih dari 1000 iklan di TV menayangkan berbagai jenis iklan termasuk iklan makanan yang tidak sehat.

Sebuah seminar 'Candy Coat Marketing' yang bertempat di Gibson Hotel, Dublin menguji peran pemasaran makanan kepada anak. Banyak anak yang terpengaruh karena melihat tayangan di televisi.

Acara yang diselenggarakan oleh Safefood ini sebagai bagian dari acara yang dilakukan sebuah forum yakni All Island Obesity Action Forum. Salah satu dokter yang bekerja di WHO (World Health Organization) yaitu Dr. Joao Breda sebagai narasumber.

“Hal ini merupakan bagian dari inisiatif untuk mengawasi obesitas. Terutama obesitas pada anak-anak. Mulailah dari membatasi anak melihat tayangan iklan di televisi. Makanan yang diiklankan adalah jenis makanan yang tinggi kandungan lemak, garam, dan gula,” ujarnya.

Sebagian besar anak kecil di Eropa mengalami obesitas. Orangtua harus memperhatikan aktivitasnya utnuk mencegah obesitas yang bisa menyebabkan penyakit.

Dr. Mimi Tatlow-Golden, dosen dan peneliti dari University College Dublin (UCD) mengungkapkan pola makan orang tua juga berpengaruh terhadap kesadaran anak terhadap merek makanan tak sehat.

Pemasang iklan memang memenuhi persyaratan siaran iklan, namun anak kecil usia 3-5 tahun dapat menonton dengan mudah iklan tersebut. Lebih dari 1,000 iklan TV sepanjang tahun. Nyatanya memang teknik pemasaran berhasil mempengaruhi pola makan orang dewasa bahkan juga anak-anak.

Merek makanan dan minuman yang tak sehat seringkali dipromosikan di acara olahraga seperti Olimpiade London 2012. Pesan yang ada pada iklan tersebut seringkali sampai ke anak-anak yang menganggapnya sebagai makanan dan minuman yang sehat karena banyak atlet yang ikut mengonsumsinya.

Untuk kasus seperti ini, Sheena Horgan, seorang komentator media mengatakan jika media televisi perlu meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan pesan agar turut mendidik anak-anak di Irlandia.





(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com