Mineral dan Vitamin Dalam Kurma Dapat Perbaiki Vitalitas dan Kualitas Sperma

ADVERTISEMENT

Ulasan Khusus: Kurma

Mineral dan Vitamin Dalam Kurma Dapat Perbaiki Vitalitas dan Kualitas Sperma

- detikFood
Selasa, 08 Jul 2014 18:58 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kurma kaya nutrisi karenanya bisa menjaga kesehatan tubuh. Karenanya konsumsi kurma juga baik khususnya bagi pria karena mengandung serangkaian mineral dan vitamin yang bisa meningkatkan vitalitas dan produksi sperma.

Dari segi medis, banyak hal yang bisa memperngaruhi kualitas sperma serta vitalitas pria. Mulai dari mengonsumsi minuman alkohol, makanan berlemak, hingga paparan pestisida dalam makanan. Untuk itu, obat paling ampuh yang bisa dikonsumsi adalah buah dan sayuran alami kaya vitamin.

Menurut tradisi masyarakat Arab, kurma yang direndam dengan susu kambing semalaman menjadi tonik untuk meningkatkan vitalitas. Mengonsumsi kurma dengan segelas susu juga dikatakan menjadi perpaduan yang bisa meningkatkan energi sepanjang hari.

Dilihat dari segi nutrisi, kurma mengandung antioksidan dan mineral. Rasa manis kurma menandakan buah ini menngandung kadar gula tinggi yang baik untuk energi dan mengusir kelelahan setelah berpuasa.

Kurma juga mengandung senyawa alami bernama flavonoid dan estradiol yang mempunyai andil dalam peningkatan jumlah dan pergerakan sperma. Konsumsinya juga menstimulasi pertumbuhan testis dan mengobati ketidaksuburan.

Perpaduan kandungan magnesium, mangan, vitamin B6, niacin dan riboflavin dalam kurma bisa memetabolisasi karbohidrat, protein, dan lemak dan tubuh. Kombinasi ini juga sangat penting dalam pencegah penyakit kronis, terutama peyakit banyak dikhawatirkan pria yaitu kanker prostat.

Dalam 100 gram kurma terkandung 696 mg atau 16 persen rekomendasi harian. Mineral tersebut adalah komponen penting dalam sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

(dni/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT