Mana yang Lebih Bernutrisi, Kentang Merah atau Putih?

- detikFood Kamis, 15 Mei 2014 07:41 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kentang biasanya dikonsumsi untuk mengganti karbohidrat. Pasalnya kandungan karbohidrat dari kentang lebih rendah dibandingkan nasi. Ada berbagai macam jenis kentang seperti kentang merah dan putih. Apa bedanya?

Kini, ada berbagai jenis kentang yang dijual di pasar tradisional maupun di supermarket. Baik yang lokal maupun non lokal. Kentang merah dan kentang putih dapat ditemukan di supermarket besar.

Seperti yang dilansir dalam Healthy Eating (14/05/2014), ada perbedaan antara kentang merah dan kentang putih. Dalam satu buah kentang merah panggang ukuran sedang mengandung kalori sebesar 154 Kkal dan kentang putih panggang ukuran sedang mengandung sekitar 163 Kkal.

Selain itu kentang juga merupakan salah satu bahan makanan pokok yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C antara kentang putih dan merah hampir sama yaitu sekitar 21,8 mg.

Kandungan vitamin C yang ada dalam kentang dapat membantu menyehatkan kulit, tingkatkan kesehatan gigi dan gusi. Selain itu vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, memproduksi kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit dan membantu mengatasi stres.

Dalam ulasan "Plant, Soil and Environment" pada tahun 2005, disebutkan kulit kentang merah mengandung dua hingga tiga kali lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan kentang putih. Karena warna merah, kentang ini mengandung anthocyanin. Senyawa ini merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Manfaat ini tentunya dapat diperoleh jika pengolahanya yang dilakukan benar. Sebaiknya olah kentang dengan cara dipanggang dan dikukus, seperti mashed potato atau baked potato. Jangan mengolah kentang dengan cara digoreng, karena akan memberi tambahan kalori dari minyak.



(odi/odi)