Beras Premium Kandungan Nutrisinya Tak Berbeda dengan Beras Biasa

- detikFood Senin, 12 Mei 2014 18:18 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Beras merupakan bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat di Asia. Nasi merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk menghasilkan energi. Akan tetapi apakah ada perbedaan kandungan nutrisi beras premium dan biasa?

Beras lokal seperti beras setra ramos yang memiliki harga terjangkau dan banyak dijual di pasaran, kemudian ada juga beras lokal dengan kualitas premium seperti menthik wangi, solok, pandan wangi, dan rojolele.

Harga beras lokal premium lebih mahal dibandingkan beras lokal biasa. Apakah hal ini dapat berpengaruh terhadap kandungan nutrisi beras?

"Tidak ada perbedaan kandungan zat gizi dalam beras lokal biasa maupun premium, yang membedakannya hanyalah kualitas dari aspek tampilan saja. Beras premium lebih bersih hampir tidak memiliki kotoran serta patahan pada beras," tutur DR. Marudut, MPS selaku ahli gizi sekaligus sebagai pengajar di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Jakarta II.

Walaupun beras lokal premium memiliki kualitas yang lebih baik akan tetapi hal ini tidak dapat dijadikan tolak ukur apakah beras tersebut bebas dari pewangi tambahan atau pemutih.

"Untuk memilih beras yang aman baik lokal premium ataupun non premium sebaiknya jangan memilih beras yang terlalu putih dan memiliki wangi yang menyengat," jelas Marudut saat dihubungi oleh Detikfood via telepon (12/05/2014).

Untuk itu, dalam 100 gr beras putih lokal premium atau nonpremium yang diolah menjadi nasi dapat dikatakan sama-sama memiliki kandungan nutrisi sebesar 180 Kkal energi, 3 gr protein, 0,3 gr lemak dan 39,8 gr karbohidrat. Ini berarti tak ada perbedaan nutrisi pada keduanya.

Selain itu, sebaiknya jangan menyimpan beras terlalu lama karena hal ini dapat menyebabkan beras berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan. Hal ini dapat menimbulkan pertumbuhan jamur dalam beras tersebut yang nantinya akan berdampak pada kesehatan.



(fit/odi)