Bawang Putih yang Telah Berunas Terbukti Lebih Kaya Antioksidan

- detikFood Senin, 03 Mar 2014 14:31 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sejak ribuan tahun silam, konsumsi bawang putih segar dipercaya dapat mencegah berbagai jenis kanker. Penelitian terbaru menunjukkan bawang putih yang sudah bertunas berumur lima hari juga baik untuk kesehatan.

Kandungan antioksidan di dalam bawang putih bertunas ini lebih kaya dibanding bawang putih segar. Menurut Science Daily (03/03/2014), para peneliti mengungkapkan bawang putih tua yang sudah ditumbuhi tunas hijau berumur lima hari ternyata tinggi kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Peneliti Jong-Sang Kim mengatakan, “Ketika bibit bawang putih tua tumbuh menjadi tanaman hijau, mereka sebenarnya membentuk banyak senyawa baru, termasuk zat yang dapat melindungi tanaman muda dari patogen.”

Kim dan peneliti lainnya mengungkapkan, ekstrak bawang putih bertunas ini terbukti dapat melindungi sel dari beberapa jenis kerusakan.

“Menumbuhkan tunas dari bawang putih yang sudah tua mungkin menjadi cara tepat untuk meningkatkan potensi antioksidan dari bawang putih,” ujar tim peneliti dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.



(dni/odi)