Penelitian di Spanyol Buktikan Makan Cokelat Bisa Bikin Langsing

- detikFood Rabu, 13 Nov 2013 14:53 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Banyak orang enggan banyak makan cokelat karena takut gendut. Namun, sebuah penelitian dari Spanyol baru-baru ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat bisa lebih langsing daripada orang yang tidak makan cokelat!

Seperti yang dilansir di iFood (11/11/2013), penelitian yang dilakukan oleh University of Granada, Spanyol, telah menemukan hubungan antara konsumsi cokelat yang tinggi dengan kadar lemak tubuh yang rendah.

Penelitian ini melibatkan 1458 responden di usia muda dari 12 sampai 17 tahun. Responden ini sebelumnya sudah menjadi bahan penelitian “Healthy Lifestyle in Europe by Nutrition in Adolescence” yang menganalisis tentang gaya hidup kaum muda di 9 negara Eropa.

Responden diukur kadar lemak tubuhnya dengan menghitung presentase kadar lemak, ukuran pinggang, dan indeks massa tubuh. Penelitian lain untuk mengukur kadar lemak seperti pengukuran ketebalan kulit dan analisis impedansi bioelektrik juga dilakukan.

Dari serangkaian penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa responden yang makan cokelat lebih banyak ternyata memiliki total kadar lemak yang rendah dan kadar lemak di perutnya juga rendah.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan, walaupun cokelat mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi, kadar flavanoid yang tinggi di dalamnya pun juga sangat bagus bagi tubuh. Kadar flavanoid tertinggi ada pada dark chocolate yang lebih sehat dan rendah gula.

Menurut peneliti Magdalena Cuenca García, kandungan flavanoid dapat berfungsi sebagai antitrombotik, efek anti inflamasi dan antihipertensi. Juga dapat membantu mencegah penyakit jantung iskemik.

Khasiat makan cokelat yang dapat melangsingkan tubuh ini sudah dibuktikan oleh aktris terkenal Hollywood, Blake Lively, yang ternyata sering makan cokelat walaupun tidak melakukan diet ketat atau berolahraga di gym.

(dni/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com