Agar Kebutuhan Nutrisi Tercukupi, Wanita Hamil Wajib Sarapan

- detikFood Rabu, 02 Okt 2013 06:04 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Meski sedang hamil, wanita juga harus tetap menjalankan diet sehat. Setidaknya harus mengonsumsi 300 kalori ekstra dalam sehari. Untuk memenuhi asupan kalori ini bisa dilakukan saat sarapan, makan siang dan makan malam.

Mengonsumsi sekitar 100 kalori tambahan saat sarapan tidak hanya akan menjaga kesehatan janin dalam kandungan, tapi juga dapat menjadi bahan bakar untuk memulai aktifitas. Sayangnya beberapa wanita hamil ada yang tidak sarapan dengan alasan mual di pagi hari.

Asupan nutrisi pada masa kehamilan sangat penting diperhatikan. Apalagi jika mengalami mual akibat peningkatan hormon dalam tubuh dan ingin menghindari makanan sama sekali. Padahal janin dalam kandungan membutuhkan asupan nutrisi.

Menurut Anna Ardine, manajer ahli diet dari Magee-Womens Hospital di Pittsburgh, wanita hamil harus menerapkan diet sehat dengan merencanakan pola makan yang seimbang sepanjang kehamilan. Sarapan adalah waktu makan yang sangat penting karena dapat mengontrol pola makan sepanjang hari.

Nah, untuk memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi saat sarapan sebaiknya perhatikan kelompok makanan utama yang akan dimakan. Misalnya dengan menyajikan buah atau jus buah, susu kaya kalsium, dan roti gandum atau sereal.

Namun Ardine menyarankan untuk tidak mengonsumsi daging olahan seperti ham dan sosis saat sarapan. Menurutnya daging olahan ini bukanlah menu makanan yang baik dikonsumsi wanita hamil. Karena dikhawatirkan berpotensi tercemar bakteri listeria dan tinggi natrium.

Untuk wanita hamil yang mual di pagi hari sebaiknya tidak melewatkan sarapan. Pasalnya dengan melewatkan sarapan, justru akan memperparah rasa mual. Jika tidak bisa menyantap banyak makanan saat pagi hari bisa makan sarapan dalam porsi kecil dan perlahan-lahan. Kemudian makan lagi dua jam kemudian.

Jika sensitif dengan bau, hindari menyajikan menu daging saat sarapan. Coba untuk sajikan sayuran dan buah yang beraroma segar. Atau juga menyajikan roti panggang isi selai cokelat atau kacang. Dengan begitu pola makan sehat selama masa kehamilan akan terus terjaga.

(dyh/odi)