Sarapan Sereal Tinggi Serat Dapat Mencegah Sembelit

- detikFood Kamis, 26 Sep 2013 06:19 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Berbagai gangguan pencernaan bisa dialami di pagi hari. Seperti sembelit atau susah buang air besar. Tentunya perut jadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan kaya serat saat pagi hari.

Sereal gandum adalah salah satu makanan tinggi serat. Per porsi atau sekitar satu mangkuk sedang mengandung serat sekitar 3-5 gram serat. Jika rutin dikonsumsi dapat mencegah sembelit saat pagi hari. Selain itu juga bisa mencegah meningkatkan berat badan.

Namun, Anda perlu hati-hati dengan sereal yang dijual di pasaran, karena dicurigai banyak mengandung gula. Kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan gula darah dan menyebabkan obesitas. Karena itu baca dengan teliti tabel komposisi pada kemasan sereal.

Tapi jika memiliki sisa stok sereal manis, campurkan dengan sereal tanpa pemanis. Bisa juga diganti dengan yogurt atau puding rendah lemak yang juga kaya serat sebagai pengganti sereal manis.

Seperti dilansir WebMD, menyajikan menu sarapan tidak perlu yang rumit atau susah dibuat. Cukup sajikan menu sarapan sederhana dan penuh nutrisi. Seperti telur rebus, roti gandum selai kacang, buah pisang dan segelas susu.

Agar berat badan tidak cepat naik, porsi menu sarapan juga perlu dibatasi. Misalnya makan setangkup roti atau satu butir telur rebus. Jika porsinya pas, berat badan bisa tetap terjaga dan tubuh tetap bugar.

(dyh/odi)