Asupan susu saat hamil sudah lama diketahui dapat mendorong pertumbuhan bayi baru lahir. Namun, penelitian terbaru yang dimuat di European Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa manfaat ini bisa dirasakan hingga anak memasuki usia dewasa.
Pakar nutrisi dari Islandia, Denmark, dan Amerika Serikat, mengamati seberapa banyak susu yang dikonsumsi 809 wanita hamil di Denmark pada 1988 dan 1989. Kemudian, para peneliti mengukur berat dan tinggi badan bayi yang mereka lahirkan dan meneliti mereka kembali 20 tahun kemudian.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Di awal tahun ini, peneliti Inggris menemukan bahwa wanita hamil dapat meningkatkan IQ bayi mereka dengan meminum susu lebih banyak. Pasalnya, susu kaya akan yodium. Yodium yang terdapat di produk olahan susu dan ikan penting untuk menghasilkan hormon yang diproduksi oleh kelenjar thyroid yang memiliki efek langsung terhadap perkembangan otak janin.
Seperti dilansir Daily Mail (04/09/13), para peneliti memeriksa 1.000 wanita hamil. Mereka menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi sedikit yodium cenderung memiliki anak dengan IQ dan kemampuan membaca lebih rendah.
(fit/odi)

KIRIM RESEP
KIRIM PENGALAMAN