Ulasan Khusus: Kudapan Buka Puasa

Klepon dan Tiramisu, Mana yang Lebih Rendah Kalorinya?

- detikFood Selasa, 09 Jul 2013 17:28 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Kalau bosan dengan jajanan tradisional, cake manis yang modern juga bisa dinikmati. Seperti tiramisu, brownies atau black forest. Kudapan manis ini siap jadi menu pembatal puasa. Jika dibandingkan dengan jajanan pasar tradisional tentulah kalorinya sangat berbeda.

Menikmati kudapan manis umum dilakukan disela-sela jam makan utama, namun berbeda saat berpuasa. Kudapan manis justru disantap sebagai menu pembuka. Tidak hanya kue tradisional, kue-kue modern yang manis lembut juga disuka. Apa beda kalori kur tradisional dan modern ini?

1. Klepon dan Tiramisu

Dua kudapan manis ini teksturnya berbeda. Klepon bertekstur kenyal dan diisi gula merah cair. Kalau tiramisu yang merupakan kudapan modern, teksturnya cenderung lembut, basah dan manis.

Klepon dan tiramisu kalorinya berbeda, klepon mengandung 166 kkal energi, 2,5 gram protein, 2,8 gram lemak dan 32,8 gram karbohidrat. Ternyata jumlah kalorinya lebih sedikit dibandingkan dengan tiramisu. per potong tiramisu mengandung 231 kkal energi, 4,9 gram protein, 5,7 gram lemak dan 39,8 gram karbohidrat.

2. Kolak dan Brownies

Kolak adalah hidangan rebusan bersama santan dan gula merah. Tentulah rasa dan teksturnya berbeda dengan kudapan internasional seperti brownies, yang cenderung lembut, bertekstur padat dan manis cokelat. Keduanya cocok disajikan untuk menu berbuka puasa.

Semangkuk kolak berisi pisang dan ubi merah mengandung kalori sekitar 489,4 kkal, 3,75 gram protein, 21 gram lemak, 73,9 gram protein dan 3,7 gram serat. Sedangkan brownies dengan potongan sedang mengandung 339 kalori, 6,9 gram protein, 33,5 gram lemak, 18,6 gram karbohidrat dan 0,04 gram serat.

3. Bubur sumsum dan Black Forest

Bubur sumsum dan black forest adalah dua kudapan manis yang berbeda tampilan. Bubur sumsum adalah sajian berkuah santan dan black forest adalah jenis kue asal Jerman yang diberikan serutan cokelat dan lapisan krim segar.

Kandungan kalori pada bubur sumsum lebih banyak dibandingkan black forest. Per mangkuknya mengandung 353,11 kkal energi, 3,58 gram protein, 7,5 gram lemak, 68,8 gram karbohidrat dan 1,6 gram serat. Sedangkan per potong black forest kalorinya 204 kkal, 4,5 gram protein, 12,7 gram lemak dan 18,5 gram karbohidrat.

Jika melihat hasil perbandingan jumlah kalori makanan tentulah berbeda. Nah, kalau tak ingin berat badan jadi naikt usai berpuasa, sebaiknya pilih jenis hidangan berbuka puasa yang kalorinya lebih rendah.


(dyh/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com