Apa Saja Khasiat Hebat Air Kelapa Untuk Wanita Hamil?

- detikFood Kamis, 27 Jun 2013 14:38 WIB
Foto: NPR
Jakarta - Air alami dan steril ini berasal dari buah kelapa dan banyak khasiatnya. Sangat dianjurkan untuk diminum wanita hamil. Karena dapat menjaga kesehatan janin dan menggantikan cairan tubuh yang hilang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut situs buzzle.com, minum air kelapa selama masa kehamilan sangat dianjurkan. Karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan bayi. Air kelapa juga dipercaya dapat mengurangi lemak yang menempel pada kulit bayi saat lahir. Air kelapa ini pun bisa diminum dengan tambahan sedikit kunyit atau kunir.

Beberapa dokter juga menganjurkan wanita hamil untuk minum segelas air kelapa setiap hari. Tidak hanya airnya, buahnya yang berwarna putih juga bisa dikonsumsi. Karena mengandung nutrisi penting untuk menyeimbangkan elektrolit.

Selain sumber terkaya eletrolit, air alami yang steril ini tinggi akan klorida, kalium dan magnesium. Juga mengandung sejumlah gula alami, sodium dan protein. Kandungan kalium di dalam air kelapa dipercaya dapat membantu mengatur tekanan darah dan fungsi jantung.

Sedangkan kandungan serat, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C nya, bermanfaat baik untuk memberikan nutrisi lebih pada masa kehamilan. Minuman isotonik ini juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang secara alami, guna mencegah dehidrasi.

Selain itu, air kelapa juga bebas lemak dan dikenal sebagai minuman non kolesterol. Jika diminum rutin akan memberikan efek positif seperti meningkatkan kadar HDL atau lemak baik. Kadar lemak baik ini akan mengurangi kadar LDL atau lemak jahat dalam tubuh yang bisa menyebabkan obesitas pada wanita hamil dan janin.

Selama masa kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu dan janin bisa meningkat usai minum air kelapa. Karena air kelapa juga kaya akan asam laurat yang bersifat sebagai anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur. Menjaga agar wanita hamil tidak mudah terserang flu dan penyakit lainnya.

Masalah sembelit, mulas dan infeksi saluran kemih juga kerap dirasakan saat hamil. Secara efektif air kelapa dapat membantu mengatasinya. Dalam hal ini, kandungan elektrolitnyalah yang sangat berperan dan bisa berubah menjadi diuretik alami untuk meningkatkan frekuensi urin.

Selain wanita hamil, air kelapa juga baik diminum siapa saja terutama yang sedang berdiet menurunkan berat badan. Secangkir air kelapa hanya mengandung 45 kalori. Untuk ibu menyusui dan sedang dalam proses menurunkan berat badan juga bisa minum air kelapa setiap hari.

(fit/odi)