Rajin Kunyah Bawang Putih Bisa Cegah Beragam Jenis Kanker

- detikFood Jumat, 01 Mar 2013 12:51 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Aroma dan rasa bawang putih bikin masakan makin sedap. Bawang putih juga punya manfaat yang lebih hebat lagi. Jika rajin dikonsumsi dalam keadaan utuh atau mentah, bumbu masak ini juga bisa mencegah penyakit mematikan seperti kanker!

Sejak lama, bawang putih memang sudah dimanfaatkan sebagai obat. Di dalamnya terdapat senyawa bernama allin yang kemudian dikonversi menjadi allicin. Allicin merupakan senyawa yang secara cepat melepaskan radikal bebas dari dalam tubuh.

Radikal bebas memang menjadi musuh utama organ-organ tubuh. Bahkan mampu merusak membran seluler dan DNA, serta mempengaruhi proses penuaan dini dan meningkatkan risiko akan penyakit kanker.

Memorial Sloan-Kettering Cancer Center yang berlokasi di New York juga merekomendasikan konsumsi bawang putih mentah ini. Seperti diungkapkan dalam situs San Fransisco Gate, jika orang yang makan banyak bawang putih memiliki kemungkinan yang lebih kecil terkena kanker. Termasuk kanker prostat, uterus, payudara dan kolon, juga kanker yang terletak di dalam darah.

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Anticancer Agents in Medicinal Chemistry, para peneliti menemukan jika bawang putih mengandung senyawa yang bisa menurunkan kemampuan sel-sel kanker payudara. Bawang putih juga bisa menurunkan efek samping dari kemoterapi.

Sementara itu, nutrisi dalam bawang putih juga bisa menekan kenaikan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Current Pharmaceutical Design, para peneliti menyimpulkan jika bawang putih efektif menurunkan kolesterol jahat dalam darah, serta menurunkan resiko penyakit jantung.



(flo/odi)