Salmon Norwegia Mengandung Lima Nutrisi Penting

- detikFood Selasa, 27 Nov 2012 08:13 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Anda gemar menyantap salmon? Ikan ini dikenal karena rasa dagingnya yang lembut gurih sedikit berminyak. Salmon juga populer karena nutrisi berlimpah. Sebagai produsen salmon terbesar, salmon asal Norwegia juga menyimpan kandungan nutrisi tinggi. Nutrisi ini bisa menjaga tubuh tetap prima.

Salmon Norwegia dikenal akan protein tinggi yang mengandung asam amino esensial di dalamnya. Omega 3 sangat dibutuhkan jantung dan turut menunjang kesehatan sistem kardiovaskular. Nutrisi ini juga bisa mencegah inflamasi serta baik untuk pengelihatan serta pertumbuhan anak.

Tak hanya itu, ada 5 nutrisi lain yang terkandung dalam ikan salmon asal Norwegia. Di antaranya adalah vitamin A, baik untuk mata dan memelihara imunitas tubuh. Vitamin D di dalamnya juga mampu menyeimbangkan penyerapan kalsium dalam tubuh, serta baik untuk kulit, terlebih yang sering terpapar sinar matahari.

Lain lagi dengan vitamin B12 yang dikandung oleh salmon asal Norwegia, yang membantu perbarui sel dalam tubuh, juga tingkatkan sel darah merah. Selenium dalam ikan ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan toksin dalam tubuh, serta kandungan iodin bisa meningkatkan hormon-hormon yang diperlukan tubuh.

Popularitas salmon Norwegia memang sudah tersohor hingga ke berbagai negara. Bahkan publikasi Aquaculture in Norway yang dikeluarkan oleh Norwegian Seafood Federation menuliskan jika setiap harinya, lebih dari 12 juta menu berbahan seafood, termasuk salmon, dari perairan Norwegia disajikan di 100 negara berbeda.

Dalam publikasi yang sama, dijelaskan juga jika salmon yang dihasilkan dari penangkaran ikan tidak berbahaya. Angka PCBs, dioxin dan logam yang dikandungnya sangat diperhatikan, bahkan jauh dibawah batas yang ditetapkan pemerintah. Bahkan pemerintah Norwegia melakukan ratusan uji coba tiap tahunnya untuk memastikan jika salmon yang dihasilkan aman dikonsumsi dan berkualitas tinggi.



(flo/odi)