Minum Teh Hijau Teratur Dapat Pertajam Daya Ingat

- detikFood Sabtu, 08 Sep 2012 13:06 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Teh hijau dikenal kaya manfaat untuk kesehatan. Selain kaya antioksidan yang bisa menangkal pertumbuhan sel kanker.juga berperan penting dalam membantu kinerja otak. Seperti yang diungkap dalam riset terbaru dari China.

Sudah lama orang mengenal bahwa konsumsi teh hijau bagus untuk mempertajam memori. Saat ini para peneliti telah menemukan kaitan kandungan kimia dalam teh dengan perkembangan sel otak. Hal ini berkaitan dengan daya ingat dan kemampuan untuk belajar.

Penelitian yang dilakukan oleh Professor Yun Bai dan tim dari Universitas Third Military Medical, Chongqing, China ini berfokus pada kandungan kimia organik EGCG, (epigallocatechin-3 gallate) sebagai kandungan utama dalam teh hijau.

Zat ini lebih dikenal sebagai antioksidan.“Kami mengajukan bahwa EGCG bisa meningkatkan fungsi kognitif dengan mempengaruhi turunan sel syaraf,” tutur Bai. “Kami memfokuskan penelitian kami pada hippocampus, bagian dari otak yang yang memroses informasi dari ingatan jangka pendek hingga jangka panjang,” tegasnya.

Percobaan dilakukan pada dua kelompok tikus laboratorium. Satu kelompok tikus diberikan EGCG dan yang lainnya tidak. Ternyata, kelompok tikus yang diberi EGCG dapat menemukan sebuah platform tersembunyi dalam labirin lebih cepat.

“Kami telah menunjukkan bahwa kandungan kimia organik EGCG bertindak langsung untuk meningkatkan produksi sel saraf, pada percobaan yang dilakukan. Hal ini membantu kami untuk mengerti potensi EGCG yang terkandung dalam teh hijau untuk mengatasi penyakit kemunduran karena usia dan pikun.” jelas Bai.




(flo/odi)
Load Komentar ...