ADVERTISEMENT

Buah Bit Ternyata Baik Untuk Kesehatan Pernapasan!

- detikFood
Rabu, 30 Mei 2012 17:16 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Buah ini seringkali dihindari karena aromanya yang langu. Bentuknya membulat berjalar, mirip dengan ubi ungu dengan tampilan dalam buah yang melingkar cantik. Buah bit terkenal dengan khasiatnya yang juara dan sangat baik untuk kesehatan.

Salah satu manfaatnya adalah buah bit mampu tingkatkan kemampuan pernapasan. Umumnya, aktivitas yang membutuhkan fisik yang prima juga harus didukung dengan pernapasan yang baik. Misalnya adalah atlet, penyanyi, juga pendaki gunung.

Sebuah penelitian mengemukakan jika jus buah bit mampu tingkatkan kemampuan bernafas para penyelam selama 11% lebih panjang. Sari buah bit juga digunakan oleh pelari marathon Helen Decker dan perenang Ian Hulme untuk meningkatkan kemampuannya bernafas.

Peneliti asal Swedia juga menggunakan buah bit sebagai media penelitiannya. Penelitian tersebut dilakukan pada 12 relawan yang ahli menyelam. Setelah meminum sari buah bit, mereka diminta untuk menahan nafasnya, dan kemampuannya bernafas rata-rata meningkat hingga 11%.

Buah ini juga dikenal akan nutrisinya yang kaya. Dalam setiap 100 gram buah bit segar mengandung 325 mg potassium, dan 109mcg folat. Buah bit juga mengandung serat, vitamin, mineral, dan senyawa anti oksidan. Niacin, pantothenic acid, pyridoxine dan carotenoid juga ditemukan dalam buah ini.

(flo/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT