Ternyata Asam Lemak Hazelnut Mirip ASI

- detikFood Senin, 28 Mei 2012 10:31 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Hazelnut merupakan jenis kacang-kacangan yang tergolong dalam spesies Filbert. Kulitnya berserat halus dan kacang bentuk bulat. Bijinya yang biasa dipanggang atau digiling ini punya banyak manfaat. Kandungan asam lemaknya mirip kandungan lemak pada ASI.

Tanaman ini banyak tumbuh di Turki, Italia, Yunani, Spanyol, Inggris, Amerika khususnya di Washington. Saat ini produsen terbesar penghasil hazelnut di dunia adalah negara Turki. Sering digunakan untuk membuat praline atau untuk campuran truffle cokelat dan sirop.

Banyak mengandung protein dan asam lemak tak jenuh. Selain itu juga mengandung zat thiamin dan vitamin B. Kandungan minyak pada hazelnut punya aroma yang khas. Penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia menemukan bahwa asam lemak dari hazelnut dapat membuat kandungan nutrisi pada susu formula jadi lebih lengkap.

Sebuah studi baru yang telah dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, menunjukkan bahwa lemak dari minyak hazelnut mengandung asam lemak tertentu yang menyehatkan. Jumlah molekulnya yang ditemukan sama seperti kandungan lemak yang ada pada ASI (Air Susu Ibu).

"Asam lemak pada ASI adalah standar nutrisi yang menjadi patokan komposisi lemak pada susu fromula, dan merupakan struktur unik ASI. Lemak ini akan meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu penyerapan kalsium." ungkap Casimir Akoh, seorang profesor riset ilmu makanan dan teknologi di College of Agricultural and Environmental Sciences.

Asam lemak tersebut juga penting untuk perkembangan otak dan organ lain pada bayi. Minyak hazelnut adalah nutrisi baru yang struktur molekulnya mirip ASI. Minyak ini juga bisa direkomendasikan sebagai sumber makanan yang baik untuk bayi.

Namun beberapa penelitian masih menunjukkan bahwa ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi. Temuan penelitian ini sebagai pilihan kedua para ibu yang menunjukkan bahwa sumber asam lemak pada hazelnut juga bisa diberikan pada bayinya.



(dyh/odi)