Si Ungu Cantik Pencegah Kanker dan Osteoporosis

- detikFood Sabtu, 25 Feb 2012 09:41 WIB
Foto: naturesfinestproduce.com Foto: naturesfinestproduce.com
Jakarta - Jenis kol yang warnanya ungu cantik ini rasanya renyah segar. Diolah menjadi acar, sup, campuran salad rasanya sangat enak. Kol merah juga punya sederetan manfaat. Mulai dari mencegah osteoporosis hingga mencegah penuaan dini.

Kol ini dikenal dengan nama blue kraut atau red kraut. Warna merah keunguannya disebabkan oleh kandungan pH di dalam tanah saat kol ini ditanam. Kandungan pH ini yang mempengaruhi pigmen bernama anthocyanins (flavins). Tanah dengan tingkat keasaman yang tinggi akan membuat daun kol berwarna kemerahan.

Meskipun tak sepopuler kol putih, kol merah banyak dipakai untuk membuat salad, sup, asinan dan campuran olahan daging. Selain renyah enak, kol merah ini punya sejumlah khasiat hebat, antara lain:

Mencegah osteoporosis
Sayuran bertekstur renyah, termasuk kol merah, mengandung kalsium. Kalsium adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sejak muda, biasakan untuk mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, untuk mencegah osteoporosis ketika berusia lanjut.

Cegah penuaan dini
Kol merah menyimpan vitamin C tinggi, yang berfungsi sebagai antioksidan antioksidan. Karena itu rutin makan kol merah baik bagi kesehatan kulit. Dengan antioksidan, tanda-tanda penuaan dini juga bisa dicegah. Vitamin E yang terdapat dalam kol merah juga membantu tingkatkan imunitas tubuh.

Baik untuk mata
Vitamin A juga jadi salah satu kandungan kol merah, yang mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu kol merah mengandung pelembab alami yang mencegah kulit dari kekeringan dan kusam.

Cegah kanker
Peneliti menemukan bahwa kol merah mengandung anthocyanin yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut mampu mencegah penyakit kanker. Kol merah juga sumber dari indole, yang berfungsimenurunkan resiko kanker payudara.



(Odi/Odi)
Load Komentar ...