Diet a la Kate Middleton Diet Terburuk 2011?

- detikFood Senin, 02 Jan 2012 10:32 WIB
Foto: www. rodmustresign.com Foto: www. rodmustresign.com
Jakarta - Selain karena parasnya yang cantik, gadis Perancis juga terkenal akan tubuhnya yang ramping. Program diet populer Perancis adalah Dukan Diet. Badan ramping tanpa harus sering berkeringat dan menjaga pola makan.

Beberapa selebriti dunia yang melakukan diet ini, di antaranya Jennifer Lopez, Kate Middleton dan ibunya, Carole Middleton. Namun, ahli diet dan nutrisi dari British Dietetic Association (BDA) menyebutkan jika Dukan Diet menjadi cara diet selebriti yang paling buruk dan tidak perlu diikuti. Selain itu, BDA menyebutkan jika tidak ada pengetahuan yang mendasari diet tersebut.

Seperti dilansir dalam telegraph.co.uk, BDA menyatakan jika Dukan Diet sangat membingungkan dan menyebabkan konstipasi serta bau mulut. BDA menerima ratusan telepon setiap tahun mengenai diet, dan komplain Dukan Diet yang terbanyak. Akhirnya mereka menyimpulkan jika diet ini tidak bisa dipercaya, tidak efektif dan tidak sehat.

BDA mengemukakan jika ketika menjalankan diet, makanan tetap harus seimbang. Dalam Dukan Diet, pelakunya berpotensi untuk kekurangan serat, vitamin dan nutrisi yang diperlukan dari bahan makanan lain. Menurut BDA, pencipta Dukan Diet sendiri juga telah memperingatkan jika diet ini dapat menyebabkan bau mulut, dan tubuh lemas.

Dukan Diet dibuat oleh seorang ahli nutrisi dan diet di Perancis yang bernama Pierre Dukan. Dalam Dukan Diet, ada 4 tingkatan yang harus dilakukan, yaitu attack, cruise, consolidation, dan permanent stabilization. Di tahap pertama, attack, tidak diperbolehkan makan apapun kecuali daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu, dan satu setengah sendok makan oat.

Pada tahap kedua, cruise, konsumsi mulai ditambahkan dengan sayuran hijau, dan oat sebanyak setengah sendok makan. Ini harus terus dijalankan hingga berat badan mencapai keinginan. Lalu tahap ketiga atau consolidation. Di tahap ini, diperbolehkan menambahkan 2 porsi karohidrat dan makanan kesukaan 2 kali seminggu, untuk 'balas dendam'.

Nah, di tahap stabilization, pola makan sudah beranjak normal. Boleh makan apapun namun tetap harus disisakan sehari dalam seminggu untuk menjalankan tahap attack, atau hanya mengkonsumsi protein saja.



(Odi/Odi)