Bayam Perkuat Daya Konsentrasi

- detikFood Rabu, 09 Nov 2011 16:53 WIB
Jakarta - Sibuk dengan tugas yang menumpuk di kantor? Aktivitas yang terlalu padat terkadang membuat sulit konsentrasi. Daya konesntrasi bisa dipelihara lewat makanan. Misalnya makan sayuran, buah, kacang serta biji-bijian.

Otak merupakan bagian terpenting yang bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan daya pikir manusia. Oleh karena itu, perlu nutrisi yang tepat dan berkualitas agar otak tetap berfungsi dengan baik.

Beberapa bahan makanan bernutrisi tinggi ini bisa dikonsumsi secara teratur untuk mempertajam daya ingat dan membuat kinerja otak meningkat:

Kafein
Minum kopi, teh, cokelat atau minuman berkafein lainnya secara cukup bisa membuat otak lebih berkonsentrasi dan fokus. Otak akan berada dalam posisi 'terjaga' setelah meminumnya.

Gula
Gula yang dimaksud bukan gula putih tetapi glukosa yang didapat dari bahan makanan alami. Misalnya, yang berasal dari karbohidrat ataupun buah-buahan. Makan makanan dengan pemanis alami secara cukup bisa mempertajam memori dan proses berpikir baik secara spontan serta tidak bikin berat tubuh bertambah.

Ikan
Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai vitamin otak untuk mempertajam daya ingat dan memelihara kesehatan otak. Pilihlah ikan dengan kadar merkuri rendah seperti salmon, tuna, dan herring.

Popcorn
Popcorn memiliki kandungan vitamin B6, B12, dan E yang baik untuk meningkatkan kemampuan otak dan memelihara daya ingat agar tetap fokus. Jadikan popcorn sebagai camilan renyah yang menyehatkan. Hindari tambahan gula, mentega, dan garam untuk dapat manfaat yang optimal.

Alpukat
Buah ini memiliki kandungan omega-3, asam lemak yang baik buat tubuh. Tidak hanya enak, nutrisi lain yang terkandung juga baik untuk memperlancar aliran darah ke otak. Makan alpukat secara rutin bisa membuat daya ingat lebih fokus.

Kacang dan biji-bijian
Kacang memiliki kandungan antioksidan dan protein yang membantu meningkatkan dan memelihara otak tetap fokus. Makan kacang dan biji-bijian juga bisa mempertajam daya ingat dalam jangka panjang.

Sayuran hijau
Bayam, brokoli, peterseli dan kubis serta sayuran hijau lainnya memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Makan sayuran hijau secara rutin bisa menjaga pikiran tetap tajam. Bagi ibu hamil, makan sayuran hijau sangat baik untuk perkembangan otak pada janin dalam kandungan.

Sarapan
Makan buah-buahan, susu, sereal dan makanan tinggi serat serta rendah kalori lainnya sebagai sarapan bisa meningkatkan daya ingat jangka pendek dan juga membuat otak lebih fokus.

Suplemen
Jika makanan tidak lagi dapat membantu kinerja otak, cobalah berkonsultasi pada dokter untuk menambahkan suplemen vitamin B, C, E dan nutrisi seperti beta-karotein, magnesium, gingseng, dan gingko billoba untuk meningkatkan memori dan kemampuan berfikir.





(Odi/Odi)