Rumput Laut KendalikanTekanan Darah

ADVERTISEMENT

Rumput Laut KendalikanTekanan Darah

- detikFood
Selasa, 06 Sep 2011 10:55 WIB
Jakarta - Rumput laut yang enak dijadikan agar-agar ataupun manisan memiliki manfaat yang dahsyat. Rasanya kenyal enak, kaya serat alami dan bisa meredam kenaikan tekanan darah.

Jangan anggap remeh tumbuhan laut ini. Meskipun penampilannya sederhana tetapi kalau sudah diolah rasanya sangat enak! Rumput laut banyak sekali dibudidayakan karena kandungan serat alaminya yang cukup tinggi.

Menurut penelitian terakhir, seorang anak yang makan rumput laut setiap hari secara teratur memiliki resiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi saat dewasa. Selain itu serat alami rumput laut sangat baik untuk pencernaan.

Menurut seorang ilmuan Jepang dari Gifu University dan Aichi Bunkyo Women's Collage menyatakan rumput laut memberikan sumber gizi. Seperti, mineral, dan alginat atau semacam serat pangan yang bermanfaat dahsyat buat memelihara kesehatan tubuh.

Rumput laut yang selama ini digunakan sebagai campuran bahan makanan ternyata memiliki kalori yang sangat rendah. Karenanya baik untuk penurunan berat badan karena bisa mencegah penyerapan lemak pada tubuh.

Penemuan ini dilakukan dengan cara mengukur tekanan darah pada 459 anak-anak pra sekolah di Aichi, Jepang. Mereka kemudian diberi asupan rumput laut nori. Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang makan rumput laut secara signifikan mengalami penurunan tekanan darah sistolik pada anak perempuan sekitar 3,5mmHg dan penurunan diastolik pada anak laki-laki 5,5mmHg.

Penurunan tekanan darah sistolik pada wanita sangat berkaitan dengan kinerja jantung. Sedangkan untuk penurunan diastolik pada laki-laki sangat berperan penting untuk memompa aliran darah pada jantung.

Dari hasil riset tersebut didapati, makan rumput laut secara rutin sangat baik untuk memelihara keseimbangan tekanan darah untuk anak-anak dan memelihara kesehatannya hingga mereka dewasa.
 
Para peneliti juga mencatat bahwa penemuan ini masih memerlukan studi lanjutan. Namun, mereka yakin bahwa kandungan mineral, alginat dan kaloriyang rendah pada rumput laut beperan penting memelihara kesimbangan tekanan darah, memelihara kesehatan jantung dan mencegah terkena stroke.

(Odi/Odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT