Alpukat Bikin Jantung Sehat

- detikFood Rabu, 30 Mar 2011 16:51 WIB
Jakarta - Alpukat merupakan buah yang sangat enak, yang dapat dijadikan makanan ataupun minuman. Namun, tidak sedikit orang yang menghindarinya dengan alasan membuat gemuk. Padahal jika dimakan secara teratur buah yang memiliki bentuk sexy ini ternyata mampu mencegah penyakit jantung!

Buah yang memiliki nama asing advocat atau avocado pear ini, mempunyai tekstur dan rasa yang lembut dan gurih. Dibalik rasanya yang enak, ternyata buah bekulit hijau ini memiliki nutrisi penting yang baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Seperti yang diulas bolohealth, tidak hanya buah alpukat saja yang baik untuk jantung. Tetapi, makan telur dalam jumlah yang disarankan juga memberikan dampak baik untuk menjaga serta melindungi kesehatan jantung anda.

Kini, tidak ada lagi alasan untuk menghindari buah alpukat karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi. Karena lemak yang ada dalam buah ini terbilang baik dan memiliki kandungan  monounsaturated yang dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat), dan menaikan kadar HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh.

Alpukat memang memiliki lemak tinggi 71 - 88 %  atau sekitar 20 kali lebih besar dari buah lain. Namun, lemak ini mengandung monounsaturated fatty acids atau lemak tak jenuh tunggal. Fakta menyebutkan, lemak monounsaturated di dalam makanan dapat menurunkan kadar triglyceride atau lemak darah yang dikenal dengan kolestrol jahat.

Menurut Early Show co-anchor Harry Smith dan disetujui pula oleh CBS News Medical Correspondent Dr Jennifer Ashton, bahwa makan alpukat secara teratur dapat meningkatkan kadar HDLdan menurunkan kadar LDL pada tubuh yang merupakan sumber lemak baik.

Selain itu menurut CBS News Medical Correspondent Dr Jennifer Ashton, telur juga ternyata baik untuk mereka yang terkena masalah kesehatan jantung. Telur memang memiliki jumlah kolestrol yang tinggi, namun jika makan telur dengan jumlah teratur atau tidak berlebihan, masih terbilang aman.

Sebab dalam satu butir telur memberikan 215mg, sedangkan tubuh memerlukan 300 mg kadar kolestrol baik, yang diperlukan tubuh. Karenanya, jika jumlah kolestrol dalam tubuh masih normal, masih bisa makan sebutir telur per hari.

Karena itu, cermatlah dalam memilih makanan. Usahakan pilih makanan sehat yang dapat mengurangi dan menetralisir lemak jahat dalam tubuh. Bisa mencobanya dengan makan buah alpukat dalam takaran yang terkontrol dan pastikan untuk makan buah alpukat tanpa tambahan gula atupun susu.




(eka/Odi)