Cermat Memilih Sereal!

- detikFood Senin, 07 Mar 2011 17:59 WIB
Jakarta - Cara paling mudah menyiapkan sarapan adalah dengan makan sereal instan yang banyak dijual di swalayan. Pilihan jenisnya beragam, ada yang rendah kalori, rendah lemak, tinggi kalsium, hingga gandum utuh. Hmm..bagaimana cara memilih yang baik ya?

Seberapa sering Anda mengkonsumsi sereal sarapan? Mungkin sebagian mengkonsumsinya setiap pagi. Sereal sarapan memang pilihan paling mudah saat malas ataupun tak punya waktu menyiapkan sarapan di rumah. Semangkuk sereal sarapan dan juga jus jeruk sepertinya sudah memenuhi kebutuhan sarapan Anda.

Tapi apakah Anda tahu, semangkuk sereal sarapan bisa menambah kalori berlebih untuk tubuh? Yak, meskipun terlihat sehat ternyata tidak semua sereal sarapan selalu baik. Anda harus tetap bijak dalam memilih jenis sereal sarapan yang tepat. Tanpa pemanis buatan, tanpa pewarna berbahaya, dan juga kandungan kalori yang rendah dan mudah dicerna. Namun diantara semuanya yang paling penting adalah Anda harus memperhatikan nilai gizi yang tertera di bagian belakang kemasan sereal.

Kira-kira, apa saja sih yang harus di cek sebelum membeli? Berikut ini beberapa daftar gizi yang wajib Anda lihat sebelum membeli sereal sarapan.

Cek Kandungan Gula
Mayoritas sereal sarapan mengandung gula sekitar 25% bahkan lebih. Carilah yang kandungan gulanya paling rendah, agar sereal sarapan Anda tetap sehat dikonsumsi.

Untuk Sereal Jenis Muesli
Muesli memang sedang populer sebagai sereal sarapan sehat. Tapi hal ini tidak sebanding dengan pemanis tambahan yang dimasukkan ke dalam muesli di beberapa merk sereal. untuk menyiasati rasanya Anda bisa menambahkan buah-buahan segar untuk mengembalikan rasa manis.

Pemanis Tambahan dan Kandungan Garam
Jangan tergoda dengan 'whole grain' saja saat membeli sereal sarapan. Pastikan juga kandungan lainnya seperti garam, serat, dan apakah mengandung pewarna di dalamnya.

Serat
Ini sudah tidak dapat ditolerir lagi kandungannya. Carilah yang kandungan seratnya tinggi untuk membantu pencernaan Anda sehari-hari.

Rendah Lemak

Pastikan hal ini sudah Anda perhitungkan baik-baik. Kadar lemak yang rendah tentunya akan aman dikonsumsi oleh Anda yang tengah menjalani program diet. Dan tidak hanya pada serealnya saja, tapi juga dengan susu yang biasa Anda gunakan.

Bubur Instan
Kini banyak sekali bubur instan yang dijual di pasaran. Sarapan jenis ini juga mudah disiapkan. Pilihlah yang rendah gula dan garam. Apabila suka, Anda bisa menambahkan potongan buah segar ataupun kacang-kacangan.

Cornflakes
Sereal jenis ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Zat besi, vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh anak-anak hingga dewasa. Tidak hanya rasanya yang enak, tapi juga cukup mengenyangkan. Kini, hadir cornflakes dari gandum utuh, meskipun teksturnya lebih keras namun lebih mengenyangkan.

(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com