Nanas, Ampuh Atasi Nyeri Haid

- detikFood Selasa, 11 Jan 2011 11:51 WIB
Jakarta - Sering nyeri perut atau kram perut saat datang bulan? Gejala - gejala pramenstruasi atau PMS merupakan hal biasa yang dialami banyak wanita. Dengan menyantap makanan tertentu beberapa hari dan selama haid, sakit perut bisa dicegah. Kalau begitu, ada baiknya bersiaplah dari sekarang !

Gangguan kram perut, nyeri, kembung, dan cepat lelah sering dialami wanita daat datang bulan. Hampir 90% wanita mengalami PMS (Pre Menstruasi Syndrom) atau datang bulan. Meskipun kelihatannya biasa, namun bisa sangat mengganggu. Padahal dengan makan 5 makanan super ini ganguan PMS bisa dicegah.

Jus Nanas

Kram menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim yang membantu melepaskan lapisan dinding rahim dari tubuh. Kandungan enzyme bromelaine, yang ada pada buah nanas atau jus nanas dapat membantu untuk melemaskan otot dan meredam nyeri perut. Jadi, siapa bilang nanas penyebab keputihan?

Biji Labu
Kandungan noshing pada biji labu akan memberikan zinc atau seng dan mineral lain, sehingga membantu meringankan masalah kesehatan saat datang bulan tiba.

Sereal
Banyak wanita menjelang dan saat haid tergoda untuk melahap makanan manis. Cobalah ganti kudapan manis dengan sereal rendah gula yang merupakan sumber vitamin B6. Vitamin ini dapat meredam rasa nyeri pada perut. Cobalah tambahkan beberapa potongan pisang agar menambah asupan vitamin B6.

Selai Kacang

Makanlah lebih banyak selai kacang yang kaya vitamin E,. Bisa dioleskan di atas biskuit atau roti gandum. Kandungan vitamin B nya bisa mencegah datangnya kram serta nyeri saat haid.

Lobak
Ini adalah makanan terakhir yang dapat membantu melawan rasa nyeri. Lobak merupakan sumber vitamin E dan C. Juga mengandung antioksidan yang baik, dapat mengurangi peradangan. Sedangkan kalsium dan mineral, juga dapat menghilangkan rasa nyeri saat haid.

(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com