Ngemil Itu Bikin Tubuh Sehat!

- detikFood Rabu, 22 Des 2010 18:09 WIB
Jakarta - Camilan di saat senggang, ternyata tak selamanya buruk. Selama bisa memilih jenis camilan dan waktu yang tepat, camilan justru akan membantu tubuh Anda tetap sehat. Bagaimana mungkin?

Yang namanya ngemil, kadang sangat dihindari oleh sebagian orang. Karena kebiasaan ngemil cenderung berkaitan dengan bertambanya bobot tubuh dan tak sedikityang mengarah ke obesitas. Padahal kalau waktu ngemil nya tepat dan jenis camilannya juga sehat, justru manfaat yang akan di dapat. Berikut beberapa alasan mengapa ngemil di waktu senggang penting dilakukan.

1. Jika ada jeda waktu yang cukup lama antara jam makan Anda (makan siang dengan makan malam), inilah saatnya Anda mengmbil beberapa camilan sebagai selingan. Camilan akan menjaga rasa lapar tetap pada tngkat minimum, dan juga menjaga tubuh Anda tetap dalam keadaan fit.

2. Pemilihan camilan sehat akan menjaga tubuh Anda dalam keadaan sehat juga. Tekanan darah dan juga kadar gula dalam darah bisa dalam keadaan normal.

3. Dengan memberikan selingan camilan sehat pada tubuh setiap harinya, berarti Anda membantu tubuh memberikan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas seharian. Secara otomatis, porsi makan Anda pun akan berkurang karena perut sudah dalam keadaan terisi. Camilan juga bisa membantu metabolisme tubuh dan mencerna makanan lebih cepat.

4. Pilihan camilan sehat setiap hari antara lain buah-buahan, salad, yoghurt, dan kacang-kacangan. Bukannya kentang goreng, keripik, atau kue manis yang sarat akan kalori. Tubuh Anda membutuhkan vitamin dan gizi yang cukup, selain itu serat juga penting dalam membersihkan pencernaan Anda.

5. Tidak hanya Anda sebagai orang dewasa yang membutuhkan camilan sebagiai sumber energi alternatif. Anak-anak juga membutuhkan camilan sehat untuk pertumbuhannya dan menjaga kekebalan tubuh mereka. Biasakan sejak dini untuk mengkonsumsi sayuran, buah segar, jus buah, keju sebagai camilan selingan. Agar anak-anak tidak bergantung dengan makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam yang biasanya terkandung dalam keripik, gorengan, permen, dan juga kue-kue manis.

(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com