ADVERTISEMENT

Pepaya si Oranye Sarat Nutrisi

- detikFood
Rabu, 13 Okt 2010 18:01 WIB
Jakarta - Banyak  orang  menghindari buah berwarna oranye kemerahan ini. Karena aromanya yang tajam dan juga teksturnya yang lembek. Tapi siapa sangka kalau buah ini ternyata memiliki manfaat dahsyat buat tubuh?

Banyak yang bilang, buah yang satu ini hanya sebagai makanan burung beo. Padahal, buah ini memiliki manfaat yang sungguh luar biasa. Pepaya, banyak mengandung enzim, vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sejumlah vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks dan juga vitamin E terkandung di dalamnya.

Buah pepaya mengandung enzim papain yang cukup aktif untuk mempercepat proses pencernaan protein di dalam lambung. Pepaya sendiri mengandung protein namun dalam jumlah sedikit,sekitar 4-6 gram per kilogram dan dengan cepat protein ini diserap oleh tubuh kita.

Enzim papain memecah protein menjadi arginin. Senyawa arginin merupakan salah satu asam amino esensial yang dalam kondisi normal tidak bisa diproduksi tubuh. Namun bila enzim papain terlibat dalam proses pencernaan protein, secara alami sebagian protein dapat diubah menjadi arginin. Proses pembentukan arginin dengan papain ini turut mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang populer dengan sebutan human growth hormone (HGH).

Nah, HGH inilah yang membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Berdasarkan uji laboraturium, menunjukkan kalau arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Protein yang telah dipecah oleh papain dirubah menjadi asam amino yang bersifat autointoxicating. Yaitu, menghilangkan penyakit yang diakibatkan proses pencernaan yang tidak benar, seperti tekanan darah tinggi, susah buang air besar, radang sendi, epilepsi dan kencing manis. Pepaya juga dipercaya sebagai antiseptik, yang mencegah berkembangnya bakteri di dalam usus.

Tak heran jika buah pepaya biasa dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah dengan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar. Jika Anda malas mengkonsumsi buah pepaya karena aromanya, Anda bisa menghilangkannya dengan cara mengucuri potongan pepaya dengan perasan jeruk nipis. Atau buah pepaya di jadikan minuman segar dengan campuran tomat ataupun jeruk. Rasanya tentu lebih segar apalagi jika di sajikan dingin. Pepaya juga bisa dibuat smoothies, puding, salad, ataupum cocktail buah.

(eka/Odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT