Diet Sehat 'Eat Clean Diet'

ADVERTISEMENT

Diet Sehat 'Eat Clean Diet'

- detikFood
Senin, 20 Sep 2010 17:55 WIB
Jakarta - Lebaran sudah selesai. Kini saatnya kembali mengukur berat badan. Jika terasa berlebihan sebaiknya segera mulai berdiet. Cara baru berdiet yang sedang populer di Amerika 'Eat Clean Diet' ini bisa dicoba. Caranya mudah dan dijamin tetap kenyang dan sehat.

Jika Anda sudah sering mencoba berbagai macam cara dalam menurunkan berat badan namun masih belum berhasil, mungkin Anda bisa mencoba cara ini. Melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan 'bersih' atau sesegar mungkin. Tidak hanya bersih dari segala jenis kotoran tapi juga bahan-bahan lain yang bisa memicu timbulnya penyakit ataupun membuat berat badan Anda bertambah.

Eat Clean Diet adalah jenis diet yang diperkenalkan pertama kali oleh Tosca Reno, seorang kolumnis di Oxygen Magazine. Hal ini didasarkan pada pengalaman Reno sesudah melahirkan putra ketiganya. Diet ini mengedepankan perubahan gaya hidup dan juga pola makannya.

Menurut Reno, hal yang mendasari Eat Clean Diet adalah dengan memilih makanan sehat yang tepat, baik pemilihan bahan makanan, proses pemasakan, hingga penyajian. Sebagai contoh adalah tomat. Tomat sehat dikonsumsi secara mentah tapi tidak jika sudah dalam bentuk saus tomat. Kecuali saus tomat yang digunakan adalah saus tomat buatan sendiri.

Diet yang dilakukan tidak melulu rendah kalori, tapi lebih ditekankan pada pemilihan kualitas makanan yang dipilih, meskipun Reno tidak memberikan saran untuk mengkontrol kalori. Reno lebih menekankan pada betapa pentingnya sarapan sehat setiap hari dan tidak pernah melewatkan makan pada waktunya.

Reno lebih menekankan untuk mempersiapkan menu makanan dari rumah. Selain lebih bergizi juga lebih sehat sehingga tidak mengganggu pencernaan Anda. Setiap harinya, Reno juga merekomendasikan enam makanan kecil. Kandungan kalori setiap makanan sekitar 300-400 kalori dan harus mengandung protein serta karbohidrat kompleks.

Mengkonsumsi makanan yang kurang sehat seperti gorengan bukan tidak diperbolehkan, hanya saja jumlah dan kuantitasnya sebaiknya dikurangi. Mungkin dalam satu minggu Anda cukup satu kali memakannya. Secara tidak langsung, sukses atau tidaknya diet ini kembali kepada Anda. Karena faktor yang paling menentukan adalah  disiplin yang kuat dari si pelaku diet.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari:
- Sayur dan buah segar adalah dasar menjalankan Eat Clean Diet
- Karbohidrat baik yang sebaiknya dikonsumsi adalah oatmeal dan juga beras merah
- Cukupi kebutuhan pritein dari dada ayam, ikan, dan kalkun
- Kebutuhan lemak bisa di dapat dari olive oil, alpukat, dan kacang-kacangan
- Hindari semua makanan olahan yang mengandung pengawet, lemak jenuh, dan gula yang berlebihan.

Melakukan diet sebaiknya disertai dengan olah raga yang teratur. Olah raga sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak aktivitas atau olah raga ringan. Minimal 30 menit sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Cukup mudah bukan?

(eka/Odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT