Minum Kopi, Produksi Urin Lebih Banyak

- detikFood Kamis, 24 Jun 2010 17:41 WIB
Jakarta - Minum kopi atau teh di pagi hari seperti sebuah keharusan bagi sebagian orang. Ada yang bilang kopi bisa jadi pembangkit semangat di pagi hari. Tapi tahukah Anda dengan meminum kopi bisa memproduksi urin lebih banyak? Hati-hati cairan yang keluar bisa sebabkan dehidrasi!

Minum kopi untuk sebagian orang seperti keharusan. Tak hanya di pagi hari, bahkan ada juga yang meminumnya pagi, siang dan malam mirip seperti jadwal makan. Konon katanya, kopi bisa membangkitkan semangat untuk melakukan aktivitas. Dan sebagian orang sudah kecanduan dengan kafeinnya.

Kopi atau teh adalah jenis minuman sejenis, yaitu sama-sama mengandung kafein. Hanya saja kadar yang terkandung di dalamnya berbeda. Banyak dari mereka yang menyukai kopi tapi terbentur dengan masalah konsumsi kafein. Maka muncul lah jenis kopi yang mengandung kafein sangat sedikit bahkan nyaris tidak ada atau yang dikenal dengan istilah 'decaffeinated'.

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi dan teh (lima cangkir per hari) bagi mereka yang tidak terbiasa atau jarang meminumnya akan berakibat diuretic atau urin yang keluar cenderung lebih banyak. Kalau keadaan ini berkelanjutan bisa menyebabkan dehidrasi.

Meskipun kini banyak kopi atau teh yang bertuliskan 'decaffeinated' alias tidak berkafein, minuman tersebut sebenarnya masih mengandung kafein namun dalam jumlah yang sangat kecil. Meskipun demikian, efek diuretic masih tetap bisa terasa. Dan biasanya orang cenderung malas untuk mengkonsumsi air lebih banyak. Padahal cairan yang masuk bisa menggantikan cairan yang keluar karena efek kafein tersebut. Efek lainnya, bisa terlihat pada kulit. Kekurangan cairan karena efek diuretics bisa menyebabkan kulit Anda kering.

(eka/Odi)