Mau Minum Air Lemon Buat Turunkan Berat Badan, Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 01 Jan 2018 15:44 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Lemon dikenal sebagai salah satu buah yang bisa bantu turunkan berat badan. Ini 5 alasan yang membuat lemon dapat turunkan berat badan.

Mengawali tahun baru lebih baik dengan konsumsi makanan sehat. Agar bobot tak bertambah, Anda bisa menikmati air lemon untuk kurangi asupan kalori harian. Minum segelas air lemon hangat bisa bantu memangkas lemak yang efektif. Minum air putih dengan beberapa tetes lemon terbukti dapat membantu pencernaan yang lebih baik dan juga tingkatkan energi.

Dikutip dari NDTV (25/12) ada beberapa alasan yang membuat air lemon baik untuk membantu percepat penurunan berat badan.

Baca juga: Tambahkan Irisan Lemon Dalam Air Minum dan Dapatkan 8 Manfaat Sehat Ini

Mau Minum Air Lemon Buat Turunkan Berat Badan, Ketahui Dulu 5 Hal IniFoto: Thinkstock
1. Air lemon rendah kalori
Segelas air lemon kandungan kalorinya tak lebih dari 6 kalori. Sehingga minuman ini dapat menurunkan berat badannya. Selain itu, Anda juga dapat mengganti jus buah dan minuman soda dengan air lemon. Hal ini dapat mengurangi asupan kalori harian Anda hampir 200 kalori.

2. Tingkatkan metabolisme
Menurut penelitian, tingkat hidrasi yang baik dalam tubuh dapat memperbaiki fungsi mitokondria, sehingga memicu energi di dalam tubuh. Air lemon memberi dorongan metabolisme tubuh yang membantu menurunkan berat badan. Sehingga ini alasannya mengapa orang selalu disarankan minum banyak air putih setiap hari.

Mau Minum Air Lemon Buat Turunkan Berat Badan, Ketahui Dulu 5 Hal IniFoto: iStock

3. Meningkatkan hidrasi tubuh
Menjaga tingkat hidrasi optimal di dalam tubuh sangat penting untuk mengangkut limbah dari tubuh. Selain itu juga dapat memperbaiki bagaimana tubuh bekerja secara fisikdan juga mengatur suhu tubuh serta membantu turunkan berat badan. Karena sebagian besar air lemon adalah air sehingga ini dapat memperbaiki tingkat hidrasi tubuh.

4. Merasa kenyang lebih lama
Minum air lemon atau air putih adalah cara teraman untuk merasa kenyang agar tidak mengasup kalori tambahan yang tak diinginkan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, minum setengah liter air sebelum sarapan pagi dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi pada makanan tersebut hampir 13 persen. Studi lain menunjukkan bahwa minum air putih dengan makanan dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang saat makan.

Mau Minum Air Lemon Buat Turunkan Berat Badan, Ketahui Dulu 5 Hal IniFoto: iStock

5. Membantu penurunan berat badan
Karena pengaruhnya terhadap hidrasi dan meningkatkan metabolisme, air lemon berperan penting dalam menurunkan berat badan. Studi telah menyarankan bahwa orang yang minum lebih banyak air putih atau air lemon saat menjalani diet rendah kalori dapat alami penurunan berat badan dengan cepat. Namun, selain konsumsi air lemon dan makanan dengan gizi seimbang yang rendah kalori. Anda juga perlu berolahraga secara rutin.

Baca juga: Selain untuk Memasak, Ini 8 Manfaat Jeruk Lemon di Dapur (1) (lus/odi)