Sushi Kekinian

Sushi Juga Dibuat Burger, Pizza Hingga Donat yang Cantik dan Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 05 Sep 2017 19:17 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Sushi Kekinian
Jakarta - Pecinta sushi pasti suka dengan racikan yang satu ini. Ada sushi dengan bentuk burger, pizza serta donat sushi. Seperti apa ya rasanya?

Walaupun bentuknya terbilang unik, akan tetapi konsep sushi yang ini cukup sederhana. Nasi sushi yang dicetak menyerupai burger, donat dan pizza dengan topping cantik bisa jadi pilihan tepat ketika ingin menikmati sushi dalam sajian yang agak berbeda.

Dikutip dari berbagai sumber, inilah beberapa sushi dengan bentuk unik yang populer di dunia.

Baca juga: Dari Ikan Mentah, Kini Sushi Diberi Topping Keju Hingga Kremesan.

1. Sushi burger

Sushi Burger.Sushi Burger. Foto: Istimewa

Nasi sushi yang pulen dicetak sama besar dengan ukuran patty burger. Isian burgernya berupa isian sushi pada umumnya seperti sashimi (ikan mentah), tempura atau ada juga yang menambahkan patty daging dan juga fried chicken untuk versi Barat. Burger sushi ini juga dilengkapi dengan topping alpukat, mayonnaise yang pedas, acar jahe dan beberapa pelengkap lainnya.

Bentuknya yang agak besar, membuat sushi burger ini tak bisa disuap dengan sumpit melainkan melahapnya dengan bantuan tangan. Versi sushi yang sehat, ada sushi dengan isian alpukat, sashimi salmon dan kol merah. Mau coba?

Baca juga: Sushi Burger, Sushi Bentuk Burger yang Kini Populer

2. Sushi sandwich

Sushi sandwich.Sushi sandwich. Foto: Istimewa

Sushi sebenarnya bukan menjadi makanan yang baru. Karena sushi sudah diperkenalkan di era 90-an dengan sajian autentik yang ada di Jepang. Kini sushi fusion berkembang hingga akhirnya menjadi hybrid dengan menggabungkan dua jenis makanan jadi satu makanan cantik.

Sushi yang dibentuk mirip seperti club sandwich ini sangatlah nikmat. Bentuknya segitiga dengan roti tawar yang diganti dengan nasi sushi yang diberi irisan ikan tuna, kyuri hingga tamago dan nori. Cocok untuk bekal yang mengenyangkan!

Baca juga: Sudah Tahu? Ini Kegilaan Baru Pencinta Sushi, Makan Sushi Sandwich

3. Sushi burrito

Sushi burrito.Sushi burrito. Foto: Istimewa

Sushi Burrito merupakan perpaduan antara burrito dengan sushi roll. Tortilla yang biasa digunakan untuk membungkusnya diganti dengan lembaran nori. Nori diisi dengan nasi, ikan salmon dan tuna segar, mayonnaise pedas, irisan wortel, timun, serta taburan biji wijen dan tempura.

Menu yang unik ini pertama kali dihadirkan di restoran Uma Temakeria pada acara International Sushi Day pada 18 Juni 2015. Enak, dengan isian lengkap!

4. Sushi donat

Sushi donat.Sushi donat. Foto: Istimewa

Ini donat atau sushi? Tampilannya cantik mirip sekali seperti donat manis. Sushi yang satu ini dibuat masih dengan bahan-bahan sushi pada umumnya. Hanya saja dibentuk mirip seperti donat berlubang tengah. Nasi sushi dibuat dalam cetakan donat yang telah dilumuri minyak kelapa. Kemudian diberi topping berupa wijen hitam, jahe, wasabi, mayo, kacang mete dan alpukat.

Meskipun terlihat menarik dan juga unik. Akan tetapi sushi donat disebut-sebut memiliki kekurangan karena sulit dimakan. Nasi, isian maupun topinggnya kemungkinan besar akan berantakan saat disantap. Walaupun begitu, rasanya tetap enak!

5. Sushi cake

Sushi cake.Sushi cake. Foto: Istimewa

Sushi cake yang dimaksud bukanlah cake manis biasa dengan hiasan berbentuk sushi yang terbuat dari fondant. Sushi cake yang ini terbuat dari nasi, ikan, dan sayuran, seperti sushi biasa. Bentuknya bundar atau persegi empat dan berukuran besar, sehingga dapat dipotong-potong dan dibagikan.

Sushi cake ini biasa disebut decozushi atau decochirashi. Membuat sushi menjadi mirip cake berhias merupakan hal yang umum dilakukan orang Jepang saat Natal. Restoran Mikawa di Amerika Serikat menjual sushi cake berdiameter 21 cm.

6. Sushi pizza

Sushi pizza.Sushi pizza. Foto: Istimewa

Kalau yang ini sepintas mirip dengan pizza. Padahal doughnya ini terbuat dari nasi sushi yang pulen enak. Kemudian disusun dengan diberi beragam isian mulai dari alpukat, salmon hingga crab. Kemudian diberi topping berupa taburan tobiko serta saus mayonnaise. Nyam! (lus/odi)
FOKUS BERITA Sushi Kekinian
Load Komentar ...