5 Cara Makan Nasi Padang, Pakai Tangan hingga Sumpit

ADVERTISEMENT

5 Cara Makan Nasi Padang, Pakai Tangan hingga Sumpit

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 17 Jan 2023 15:31 WIB
RM Padang Rating Tinggi di Ojol yang Punya Paket Murah Meriah
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Nasi Padang umumnya dimakan langsung menggunakan tangan. Namun, belakangan ini banyak sekali cara makan nasi Padang yang beredar di media sosial. Bahkan, ada yang nyeleneh!

Nasi Padang adalah hidangan nasi khas Minang yang disukai banyak orang. Berupa nasi yang diberikan aneka lauk dimasak gulai, rendang, hingga sambal hijau yang pedas segar.

Cara makan nasi Padang yang paling umum adalah menggunakan tangan langsung. Banyak orang menyetujui kalau terasa lebih nikmat jika dimakan dengan tangan.

Namun, banyak orang yang memiliki selera makan lain. Ada sebagian orang yang lebih menyukai makan nasi Padang menggunakan sendok. Bahkan dengan cara nyeleneh, seperti menggunakan sumpit atau sepasang garpu dan pisau.

Baca Juga: 5 Kisah Netizen Makan Nasi Padang, Buka Jastip hingga Getok Harga

Berikut 5 cara makan nasi Padang yang umum hingga nyeleneh:

1. Pakai Tangan

Makan Pakai TanganMakan Pakai Tangan Foto: Istimewa

Makan memakai tangan langsung memang sudah menjadi budaya makan di Indonesia. Umumnya dilakukan ketika menikmati nasi dengan lauk tak berkuah dan sambal. Nasi Padang juga lebih nikmat ketika dimakan dengan tangan.

Reno Andam Suri selaku Pakar Kuliner Minang yang juga penulis buku 'Rendang Traveler' sempat menjelaskan kepada detikFood (4/3/2022), kalau makan nasi Padang memakai tangan ini sudah dilakukan sejak dahulu. Karena, adanya tradisi makan bajamba yang dilakukan oleh masyarakat Minang.

"Biasanya kami (orang Minang) memang makan pakai tangan. Karena jari-jari kita bisa sekaligus merasakan tekstur nasi, kuah, juga memilah tulang (ikan dan ayam). Kalau makan gulai cancang yang masih ada tulang2 kecilnya, tentu akan lebih mudah dengan tangan. Juga makan gulai kepala ikan, wah daging-daging ikan yang nyelip nggak terjangkau sama sendok," ujar Reno Andam Samsuri.

2. Pakai Sendok

Cara makan nasi Padang memakai sendok ini sempat menghebohkan netizen. Mereka yang memilih menyantap dengan sendok ini biasanya tak ingin tangan kotor dan makan menjadi lebih rapi.

Reno Andam Samsuri melihat cara makan ini tak ada salahnya. Cara makan nasi Padang memakai sendok ini tentu saja boleh dilakukan. "Inilah hebatnya masakan Padang, bisa melintas ke masyarakat yang terbiasa makan pakai sendok. Boleh, tentu saja boleh," ungkapnya, seperti dikutip detikFood (4/3/2022).

Cara makan nasi Padang memakai sendok ini sempat diperbincangkan netizen satu tahun lalu. Kini kembali heboh setelah Zee JKT48 bertanding makan nasi Padang memakai sendok dengan Arief Muhammad.



Simak Video "Bikin Laper: Unik nan Praktis, Kebab Isi Nasi Padang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT