Jalan-jalan ke Semarang? Ini 5 Tempat Jajan Lumpia Enak

ADVERTISEMENT

Kuliner Liburan

Jalan-jalan ke Semarang? Ini 5 Tempat Jajan Lumpia Enak

Angling Adhitya Purbaya - detikFood
Senin, 26 Des 2022 13:30 WIB
Lumpia Semarang
Foto: iStock
Jakarta -

Membicarakan makanan khas Semarang tak bisa meninggalkan lumpia yang gurih renyah. Kalau mau jajan lumpia Semarang enak, coba sambangi 5 tempat ini.

Lumpia Semarang mendapat pengaruh kuliner China. Hidangan ini berupa kulit lumpia yang bakal diisi rebung, telur, sayuran segar, daging, hingga udang.

Lumpia ditawarkan dalam dua jenis yaitu basah maupun kering. Untuk menyantapnya diberi saus kecokelatan yang manis gurih serta pelengkap lokio hingga cabe rawit.

Menemukan lumpia di Semarang pun bukan perkara sulit, namun kalau kamu mau jajan lumpia yang terkenal enak, 5 tempat ini bisa jadi pilihan:

1. Lumpia Mbak Lien

Lumpia SemarangLumpia Semarang Foto: iStock

Usia dari usaha lumpia Mbak Lien sudah 90 tahun, maka bisa disebut sebagai salah satu lumpia legendaris yang selalu ramai pembeli dan jadi pilihan pelancong. Lokasinya berada di sebuah gang yang berada di pinggir Jalan Pemuda Semarang. Uniknya tidak hanya menu original yang disajikan, ada isian kepiting jamur bahkan isi daging asap dan keju mozarella.

Harganya untuk original isi udang dan ayam Rp 19.500 per buah baik basah atau goreng. Untuk seafood original harganya Rp 25.500 per buah dan isi kepiting jamur yaitu Rp 26.500 per buah. Isian lainnya yaitu mozarella Rp 24.500, daging asap Rp 21.500, jamur Rp 20.500.

2. Lumpia Gang Lombok

lumpia semaranglumpia Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Usaha lumpia Gang Lombok juga termasuk yang legendaris di Kota Semarang yang sudah turun temurun. Bahkan lumpia Gang Lombok tidak buka cabang, hal itu diberitahukan lewat akun Instagramnya @loenpia_gang_lombok.

Pemilik Lumpia Gang Lombok sangat menjaga resep warisan. Di media sosialnya mereka juga memberikan informasi harga yaitu Rp 20 ribu per buah untuk lumpia basah maupun kering (goreng). Untuk kemasannya ada besek dan plastik mika.

Lokasinya seperti namanya, berada di Gang Lombok nomor 11 kawasan Pecinan Kota Semarang tak jauh dari Klenteng Tay Kak Sie. lumpia melegenda ini disebut sudah ada sejak tahun 1800-an.



Simak Video "Bikin Laper: Nyicipin Lumpia Skotel yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT